SBY hadiri KTT ASEAN di Brunei Darussalam

Rabu, 09 Oktober 2013 - 08:38 WIB
SBY hadiri KTT ASEAN di Brunei Darussalam
SBY hadiri KTT ASEAN di Brunei Darussalam
A A A
Sindonews.com - Setelah sukses dengan penyelengaaraan APEC 2013 yang diselenggarakan di Bali pada 1-8 Oktober 2013, Presiden Susilo Bambang Yudohoyono (SBY) didampingi Ibu Negara Ani Yudhoyono, dan para Kepala Negara anggota ASEAN bertolak ke Brunei Darussalam pada Rabu, 9 Oktober 2013.

Dikutip dari laman setkab.go.id, para kepala negara anggota ASEAN akan menghadiri 23rd ASEAN Summit di Bandar Seri Begawan, Brunei Darussalam. Selain 10 pemimpin negara ASEAN ditambah dengan China, Jepang, dan Korea Selatan akan bergabung pula dalam pertemuan ini kepala negara Rusia, Amerika Serikatt, dan India.

Para pemimpin negara anggota ASEAN akan terlibat dalam pembahasan isu politik dan ekonomi yang menjadi perhatian bersama dengan tujuan untuk mempromosikan stabilitas dan kesejahteraan ekonomi di kawasan ASEAN.

KTT Asean ke-23 kali ini mengambil tema “Our People, Our Future Together”. Tema ini menekankan pada peran masyarakat di negara-negara anggota ASEAN dalam memajukan kerja sama di kawasan ASEAN dalam bidang keamanan, politik, ekonomi, sosial, dan budaya.

Tema ini juga menunjukan bahwa masa depan kawasan ini tergantung kepada bagaimana masyarakat di ASEAN bergerak dan bekerja sama untuk menjamin kemajuan untuk menjamin perkembangan di seluruh kawasan ASEAN.

Beberapa agenda dilakukan pada hari pertama, Rabu, 9 Oktober 2013 diantaranya adalah pertemuan bilateral dengan Jepang yang ke-16 (16th ASEAN-Japan Summit), Pertemuan dengan Korea Selatan yang ke-16 (16th ASEAN-Republic of Korea Summit), dan pertemuan bilateral pertama dengan Amerika Serikat (1st ASEAN-US Summit).

Kemudian hari kedua, yaitu hari ini, akan dilakukan 16th ASEAN Plus Three Summit, 8th East Asia Summit (EAS), pertemuan bilateral ke-11 dengan India (11th ASEAN-INDIA Summit), pertemuan bilateral dengan Perserikatan Bangsa-bangsa yang kelima (5th ASEAN-UN Summit). Selanjutnya KTT ASEAN ditutup dengan penyerahan jabatan Ketua ASEAN dari Brunei Darussalam kepada Myanmar untuk pertama kalinya.
(lal)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.0232 seconds (0.1#10.140)