Jangan pilih caleg tak produktif

Selasa, 01 Oktober 2013 - 12:39 WIB
Jangan pilih caleg tak produktif
Jangan pilih caleg tak produktif
A A A
Sindonews.com - Masyarakat diminta agar tidak memilih calon anggota legislatif (caleg) yang tidak produktif pada pemilihan legislatif (pileg) 2014 mendatang.

Ha itu dikatakan Direktur Eksekutif Center for Analysis Research and Development (CARE) Jen Zuldi. Menurutnya, pengertian tidak produktif itu ialah, anggota DPR yang hanya sekadar duduk saja di kantor, tanpa memperjuangkan aspirasi masyarakat.

"Sekarang anggota DPR pada umumnya kan mencalonkan lagi, jika mereka semasa menjabat tidak aspiratif ya enggak usah dipilih (lagi)," kata Jen kepada wartawan, Selasa (1/10/2013).

Dia menandaskan, dalam tahun politik ini para caleg akan berkeliaran dengan berbagai metode dan program untuk meraih dukungan masyarakat. Mereka akan menyiapkan program yang seolah pro rakyat, sehingga bisa mendapatkan suara rakyat. "Kita berharap masyarakat harus selektif, jangan tergoda dengan rayuan program sesaat," ujarnya.

Sebelumnya, pengamat politik dari Forum Masyarakat Peduli Parlemen Indonesia (Formappi), Lucius Karus meragukan, jika partai politik (parpol) mampu mengawasi dana kampanye para calon anggota legislatif (caleg)-nya.

Menurutnya, jika diserahkan pada parpol, penyimpangan dana kampanye yang dilakukan caleg bisa sangat tinggi. Ini mengharuskan pengawasan yang dilakukan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) harus bisa menjangkau aktivitas para caleg di tiap daerah pemilihan (dapil).

"Jika penyelenggara pemilu menggantungkan harapan akan pemilu berintegritas pada partai politik, maka bencana penyimpangan akan menjadi sesuatu yang mengancam," katanya kepada wartawan, Jumat 20 September 2013.

Ikut berita seputar caleg dan Pemilu 2014.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.1028 seconds (0.1#10.140)