Ini cara Kemensos cegah korupsi

Rabu, 25 September 2013 - 17:56 WIB
Ini cara Kemensos cegah korupsi
Ini cara Kemensos cegah korupsi
A A A
Sindonews.com - Kementerian Sosial (Kemensos) tingkatkan pelayanan publik dengan Penyelenggaraan pemerintahan yang baik (Good Governance).

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kemensos Toto Utomo Budi Santosa mengatakan, Kemensos berkomitmen dengan terus berbenah diri menuju tata kelola yang baik, profesional, transparan serta akuntabel.

“Kondisi di atas, bisa terwujud ketika jajaran Kemensos memiliki keluhuran jiwa, etos kerja tinggi serta integritas yang baik dalam bekerja, ” kata Toto Utomo, saat ditemui dipeluncuran Dumas online di Kemensos, Jakarta, Rabu (25/9/2013).

Menurut dia, hal ini merupakan pertemuan lanjutan dari Pencanangan Zona Integritas dalam rangka pembangunan Kemensos menjadi Wilayah Bebas dari Korupsi. “Dipublikasikan agar semua pihak bisa memantau, mengawasi dan berperan aktif untuk pencegahan korupsi, reformasi birokrasi, serta peningkatan kualitas pelayanan publik,” tandas Toto.

Untuk itu, hal ini merupakan cara guna mengevaluasi seberapa jauh konsistensi dan komitmen dalam melaksanakan program pembangunan kesejahteraan sosial yang sesuai peraturan.

Dalam hal ini, hasil pemeriksaan, kata Sekjen, terhadap laporan keuangan Kemensos tahun 2012 oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) memperoleh opini Wajar Tanpa Pengecualian Dengan Paragraf Penjelasan (WTP DPP) dan penilaian atas akuntabilitas kinerja instansi pemerintah oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PANRB) dari nilai CC+ menjadi baik.

“Berdasarkan penilaian tersebut, berarti jajaran Kemensos harus berupaya keras lagi agar lebih optimal, terutama perbaikan atas kelemahan-kelemahan, dalam menciptakan dan memantapkan pembangunan kesejahteraan sosial masyarakat, ” ujarnya.

Untuk itu perbaikan-perbaikan akan dilakukan meliputi kegitan yang terintegrasi, sebagai wujud pelayanan terhadap masyarakat melalui peningkatan kualitas dan profesionalisme Sumber Daya Manusia (SDM) di berbagai level dan tingkatan organisasi di lingkungan Kemensos.

Program Reformasi Birokrasi sesuai target tahun 2013, Kemensos akan menindaklanjuti untuk pemberian remunerasi sebagai bentuk penghargaan kinerja yang dilakukan. Tim Reformasi Birokrasi agar terus melakukan langkah-langkah reformasi terhadap sembilan agenda roadmap yang ditetapkan dan tidak berhenti sampai di sini.

Toto menjelaskan, Inspektorat Jenderal bersama Sekretariat Jenderal akan terus melakukan pembinaan guna memperbaiki yang masih kurang dan merespon setiap pengaduan masyarakat, terutama berkaitan langsung akses dalam memperoleh pelayanan.

“Adanya Dumas Online, diharapkan penanganan terkait pembangunan kesejahteraan sosial bisa segera diatasi oleh unit kerja terkait," tegasnya.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5053 seconds (0.1#10.140)