Pemberantasan korupsi perlu sinergi

Selasa, 24 September 2013 - 16:37 WIB
Pemberantasan korupsi perlu sinergi
Pemberantasan korupsi perlu sinergi
A A A
Sindonews.com - Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Abraham Samad mengatakan, pemberantasan korupsi perlu dilakukan dengan berbagai upaya yang terintegrasi antar lembaga negara.

Menurutnya, pemberantasan korupsi harus dimulai dari pencegahan dan penindakan secara berkesinambungan, dengan bekerja sama instansi lain, supaya potensi terjadinya korupsi dapat dicegah.

"Upaya pencegahan dengan kewenangan dan tugas yang berbeda antara kedua lembaga perlu sinergitias yang masif, mulai dari konsep sampai mekanisme pelaksanaan," kata Samad dalam sambutannya di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU), Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (24/9/2013).

Samad hadir ke KPU dalam rangka untuk menandatangani nota kesepahaman dengan KPU dan beberapa lembaga yakni Ikatan akuntan Insdonesia (IAI), Institut Akuntan Publik Indonesia (IAPI), Lembaga sandi negara (Lemsaneg), Persatuan Radio Siaran Swasta Nasional Indonesia (PRSSNI).

Dalam melakukan upaya pencegahan dan penindakan, kata Abraham, KPK mengandalkan integritas dari para penyidik KPK. "KPK jadikan integritas sebagai jurus utama," imbuhnya.

Dalam pemilihan umum (pemilu), sambung dia, tugas KPU dan KPK semakin berat untuk menjaga pemilu yang berintegritas, tidak hanya dalam pelaksanaan tapi juga hasil dari pemilu tersebut.

"Kami berharap KPU dapat meningkatkan kerja sama dalam pemberantasan korupsi dengan terus melakukan perbaikan dalam pemilu. Kami berharap kerja sama ini dapat terus meningkatkan kerja sama untuk menciptakan pemilu yang berintegritas, pemilu yang bersih, bebas, jujur dan adil," tukasnya.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3240 seconds (0.1#10.140)