Contoh orba, KPK edukasi masyarakat untuk benci korupsi

Selasa, 24 September 2013 - 13:58 WIB
Contoh orba, KPK edukasi masyarakat untuk benci korupsi
Contoh orba, KPK edukasi masyarakat untuk benci korupsi
A A A
Sindonews.com - Pemberantasan dan pencegahan yang dilakukan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), melalui Festival Film Antikorupsi dinilai seperti keberhasilan penguasa Orde Baru (orba) Suharto, dalam upaya pemberantasan terhadap Partai Komunis Indonesia di Film Gerakan 30 September PKI (G30SPKI).

Demikian dikatakan Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Adnan Pandu Praja, saat peluncuran Festival Film Antikorupsi atau Anti-Corruption Film Festival (ACFFest) 2013 di Gedung KPK.

Menurutnya, sekalipun sejarah G30SPKI masih dalam perdebatan, tapi melalui film tersebut, penguasa saat itu berhasil melakukan propaganda kebencian masyarakat terhadap gerakan kelompok PKI.

"Kita ingat film G30SPKI, tentu berkesan serem ya. Film itu adalah propaganda, agar kita benci terhadap PKI. Terlepas itu benar atau tidak. Tetapi pemerintah berhasil menyampaikan pesan itu," kata Pandu, di kantor KPK, Jakarta, Selasa (24/9/2013).

Dengan begitu, kata Pandu, melalui pesan dalam film antikorupsi, masyarakat akan memiliki kesadaran dalam upaya pemberantasan korupsi. Kata dia, pola pikir masyarakat akan sendirinya tereduksi, untuk melakukan pencegahan terhadap tindakan korupsi. "Dengan membuat film ini, masyarakat teredukasi pesan gerakan antikorupsi," ujarnya.

Seperti diketahui, KPK secara resmi menyelenggarakan Festival Film Antikorupsi yang terbuka untuk umum. Film-film bertemakan korupsi akan dinilai oleh kalangan sineas, sutradara, aktor dan pakar film menurut bidangnya masing-masing.

Klik di sini untuk berita cegah korupsi melalui film.
(stb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5518 seconds (0.1#10.140)