KPK ajak KPU tes integritas capres

Senin, 16 September 2013 - 11:22 WIB
KPK ajak KPU tes integritas capres
KPK ajak KPU tes integritas capres
A A A
Sindonews.com - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memberikan arahan dan pencegahan praktik korupsi kepada sekira 150 pegawai Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Dihadapan pegawai dan komisoner KPU, Komisioner KPK Adnan Pandu Praja menceritakan, bagaimana praktik dan modus korupsi terjadi.

Dalam pidatonya, Adnan bercerita, KPK kerap dikunjungi petinggi partai politik (parpol) untuk berkonsultasi, supaya anggotanya tidak terjerat korupsi.

"Banyak politikus datang menemui KPK, menanyakan pak kami ingin caleg (calon anggota legislatif) kami tak korupsi," cerita Adnan di acara Upaya Pemberatasan Korupsi dan Anatomi Korupsi Pada Pelaksanaan Pemilu bersama KPU, di Kantor KPU, Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (16/9/2013).

Menurutnya, KPK menyarankan supaya caleg mengikuti tes integritas seperti yang dilakukan oleh KPK. Namun, tidak ada yang mengikuti saran tersebut. Selain itu, KPK meminta KPU untuk melakukan tes integritas kepada semua calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) harus mengikuti tes integritas.

"Tes integritas kepada capres mudah-mudahan mau ikut dites integritasnya. Oke dong, ini tantangan buat komisioner KPU," tukasnya.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6169 seconds (0.1#10.140)