PDIP klaim berhasil jalankan regenerasi

Jum'at, 13 September 2013 - 17:56 WIB
PDIP klaim berhasil...
PDIP klaim berhasil jalankan regenerasi
A A A
Sindonews.com - Proses kaderisasi partai politik (Parpol) sangat penting dan membutuhkan waktu yang cukup panjang. Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) mengklaim telah berhasil melakukan hal itu.

Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDIP, Maruarar Sirat mengaku, partainya telah melakukan proses kaderisasi dengan baik. Menurutnya, saat ini hasil kaderisasi sudah mulai kelihatan.

"Harus kita katakan, hari ini mulai menuai hasil regenerasi dari sepuluh tahun lalu," kata Maruarar dalam diskusi di Gedung KPU, Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Jumat (13/9/2013).

Dia mencontohkan, mantan Wali Kota Solo Joko Widodo merupakan produk kaderisasi PDIP. Pria yang biasa disapa Jokowi itu menjabat dua periode Wali Kota Solo dan akhirnya terpilih sebagai Gubernur DKI Jakarta.

Tak hanya itu, Ara sapaan Maruarar memberikan contoh lain hasil pengkaderan PDI Perjuangan seperti Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Budiman Sujatmiko dan mantan Cagub Jawa Barat Rieke Diah Pitaloka.

Dalam proses kaderisasi, sambung Ara, ideologi partai sangat penting. Tak hanya itu, kader harus loyal terhadap partai politik yang menaunginya. "Loyalitas itu penting, Jokowi surveinya tinggi dan ada juga yang menawari. Dia katakan, saya adalah kader PDIP itu halus, loyalitas sangat penting," tandasnya.

Anggota Komisi XI DPR RI ini menegaskan, dalam proses rekrutmen maka partai harus melihat track record dan kapabilitas kader tersebut. Sehingga, jika jadi pemimpin benar-benar menjalankan perintah partai demi kepentingan rakyat.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1134 seconds (0.1#10.140)