Tiga golongan yang dapat menjadi capres

Jum'at, 13 September 2013 - 16:03 WIB
Tiga golongan yang dapat menjadi capres
Tiga golongan yang dapat menjadi capres
A A A
Sindonews.com - Partai Politik (Parpol) terus didorong untuk melakukan kaderisasi supaya bisa memunculkan kader berkualitas sebagai pemimpin bangsa. Namun parpol dinilai belum bisa mengkader pemimpin.

Pengamat Politik Pol-Tracking Institute Hanta Yuda mengatakan, tidak semua tokoh bisa menjadi calon presiden, dia memandang hanya ketua umum parpol yang mempunyai peluang lebih tinggi.

"Jalur yang bisa masuk ke pilpres, mereka yang punya partai (ketua umum) atau yang bisa mengndalikan partai," kata Hanta saat diskusi di Gedung KPU, Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Jumat (13/9/2013).

Selain itu, kata Hanta, tokoh yang mempunyai dana cukup banyak juga mempunyai peluang untuk maju sebagai capres, pasalnya hal itu tidak lepas dari kualitas partai politik yang semakin pragmatis.

Lebih jauh Hanta menjelaskan, Jika ada tokoh yang tingkat popularitasnya tinggi, maka kemungkinan partai politik akan melirik sebagai capres. Dia mencontohkan sosok Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) yang dimanfaatkan popularitasnya oleh berbagai parpol untuk mendongkrak popularitas parpol.

"Memiliki elektabilitas yang tidak tanggung-tanggung, sehingga partai akan memberikan dukungan,"pungkasnya.
(lal)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7733 seconds (0.1#10.140)