Sail Komodo 2013, Satgas SBJ gelar pengobatan gratis

Rabu, 11 September 2013 - 10:02 WIB
Sail Komodo 2013, Satgas...
Sail Komodo 2013, Satgas SBJ gelar pengobatan gratis
A A A
Sindonews.com - Satuan Tugas (Satgas) Surya Bhaskara Jaya (SBJ) LXII/2013, yang merupakan bagian dari kegiatan Sail Komodo 2013 menggelar pengobatan gratis di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT), Rabu (11/9/2013).

Program ini wujud kepedulian TNI AL yang melibatkan Kementerian Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat, Kementerian Kesehatan, Kementerian Sosial maupun negara sahabat terhadap masyarakat di daerah pesisir pantai.

Satgas SBJ LXII/2013 yang dikomandani oleh Kolonel Laut (P) Taat Siswo Sunarto ini menggunakan kapal perang rumah sakit KRI dr. Soeharso-990, rencananya berada di Labuan Bajo selama empat hari (10-14 September 2013).

Personel Satgas SBJ berjumlah 616, terdiri dari awak kapal, pilot, kru helli, Komando Pasukan Katak (Kopaska), Penyelam Tempur TNI AL, Polisi Militer Angkatan Laut (POMAL) dan 126 orang diantaranya merupakan tenaga kesehatan.

Kedatangan Satgas SBJ LXII/2013 disambut Bupati Manggarai Barat Agustinus CH Dula di Dermaga Filemon, Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat-NTT, Wakil Bupati Manggarai Barat Kasa Maximus, Atase Laut Singapura Untuk Indonesia LTC. Tanbian serta beberapa Perwira Angkatan Laut Republik Rakyat China (RRC) dan Singapura.

Adapun kegiatan operasi bakti di wilayah Labuan Bajo secara umum menargetkan bantuan fisik dan dan non fisik. Sasaran fisik meliputi pelayanan kesehatan, pelayanan masyarakat dan renovasi sarana dan prasarana umum.

Pelayanan kesehatan difokuskan di dua tempat, yakni di darat dan kapal. Posko pelayan kesehatan di darat diperuntukkan melayani pasien kesehatan umum, gigi dan khitan.

Pelayanan kesehatan bedah mayor atau minor, operasi katarak dan bibir sumbing bertempat di kapal perang rumah sakit (KRI dr. Soeharso-990).

Sasaran fisik lainnya antara lain dengan merenovasi Puskesmas Labuhan Bajo, dan penyerahan bahan kontak. Sedangkan sasaran non fisik meliputi, penyuluhan tentang kesehatan, hukum, kesadaran bela negara, potensi maritim, narkoba dan KB.
(stb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8320 seconds (0.1#10.140)