3 Jenderal TNI AU yang Pernah Menjabat Sebagai Panglima TNI, Terakhir KSAU Pertama di Indonesia

Kamis, 17 November 2022 - 19:19 WIB
loading...
3 Jenderal TNI AU yang Pernah Menjabat Sebagai Panglima TNI, Terakhir KSAU Pertama di Indonesia
Terdapat tiga Jenderal TNI AU yang pernah menjabat sebagai Panglima TNI hingga saat ini. Salah satunya Marsekal TNI (Purn.) Soerjadi Soerjadarma. Foto DOK wikipedia
A A A
JAKARTA - Terdapat tiga Jenderal TNI AU yang pernah menjabat sebagai Panglima TNI hingga saat ini. Biasanya, Panglima TNI dijabat oleh Jenderal TNI AD. Untuk itu, tak sedikit orang yang jarang mengenal Panglima TNI dari Angkatan Udara ataupun Angkatan Laut .

Dalam sejarahnya, selain terdapat tiga dari Angkatan Udara juga hanya ada dua dari Angkatan Laut. Jenderal TNI AU ini disebut sebagai Marsekal TNI yang merupakan pangkat tertinggi dalam jajaran TNI AU.

Baca juga : Ini 3 Jenderal TNI yang Punya Brevet Wing AU dan Kopassus

Nama Marsekal TNI Hadi Tjahjanto mungkin yang paling dikenal dalam jajaran ini, karena masa jabatannya yang baru habis pada 2021 lalu. Setelah itu posisinya digantikan oleh Jenderal Andika Perkasa dari Angkatan darat.

Berikut tiga Jenderal TNI AU yang pernah menjabat sebagai panglima TNI :

1. Marsekal TNI (Purn.) Hadi Tjahjanto

Jenderal TNI AU yang lahir pada 8 November 1963 ini menjabat sebagai Panglima TNI pada 8 Desember 2017 setelah dilantik oleh Presiden Joko Widodo.

Pria yang lahitr di Malang ini menjabat selama hampir empat tahun hingga 17 November 2021. Sebelumnya Hadi sempat menjabat sebagai Kepala Staff TNI Angkatan Udara.

Setelah pensiun, lulusan Akademi Angkatan Udara tahun 1986 ini sekarang menjabat sebagai menjabat Menteri Agraria dan Tata Ruang Indonesia sejak 15 Juni 2022.

2. Marsekal TNI (Purn.) Djoko Suyanto
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1367 seconds (0.1#10.140)