KPU klaim daftar pemilih lebih baik

Kamis, 29 Agustus 2013 - 02:06 WIB
KPU klaim daftar pemilih lebih baik
KPU klaim daftar pemilih lebih baik
A A A
Sindonews.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengklaim, daftar pemilih pada Pemilu 2014 mendatang akan jauh lebih baik daripada daftar pemilih pada 2009 lalu.

Sementara itu, Bawaslu menilai masih ada kekurangan di sana-sini dalam Daftar Pemilih Sementara (DPS) dan Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan (DPSHP).

KPU menyatakan, Proses pemutakhiran yang panjang serta sistem teknologi yang baik, menjadi beberapa alasan baiknya kualitas daftar pemilih tersebut.

"Akurasi daftar pemilih jauh lebih baik. KPU telah melakukan pemutakhiran secara ketat," kata Ketua KPU Husni Kamil Manik, di Jakarta, Rabu (28/8/2013) malam.

Lebih lanjut Husni mengatakan, KPU juga telah melakukan proses pemutakhiran data secara transparan dan terbuka. Masyarakat luas bahkan dipersilakan untuk mengkritik, atau memperbaiki daftar pemilih sementara (DPS) yang telah diumumkan oleh KPU beberapa waktu lalu.

Seperti diketahui, dalam jangka waktu sekitar dua pekan, yakni 24 Agustus hingga 6 September 2013, masyarakat diperkenankan melakukan perbaikan terhadap daftar pemilih sementara hasil perbaikan (DPSHP) melalui sistem online atau manual di kantor desa masing-masing.

"Masyarakat yang diharapkan aktif untuk mengecek nama dan kesalahan yang ada di DPSHP. Begitu juga dengan para pemangku kepentingan lain, karena kualitas daftar pemilih bukan semata-mata tanggung jawab penyelenggara Pemilu," tambah Husni.
(stb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4970 seconds (0.1#10.140)