Solusi urbanisasi dengan maksimalkan Otda

Senin, 12 Agustus 2013 - 22:02 WIB
Solusi urbanisasi dengan maksimalkan Otda
Solusi urbanisasi dengan maksimalkan Otda
A A A
Sindonews.com - Arus urbanisasi atau perpindahan penduduk dari desa ke kota yang terjadi pasca Lebaran tahun 2013 ini diperkirakan mencapai 1 juta orang.

Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Menakertrans) Muhaimin Iskandar mengungkapkan,
untuk mengantisipas hal tersebut, Kemenakertrans telah menyiapkan beberapa solusi untuk mengatasi masalah yang timbul akibat urbanisasi pasca mudik Lebaran.

Oleh karena itu pihaknya terus berkoordinasi dengan lintas kementerian, pemerintah daerah (pemda) dan pihak terkait lainnya. “Kita terus mendorong agar otonomi daerah (otda) bisa menjadi salah satu solusi masalah urbanisasi ini," kata Muhaimin di Kemenakertrans, Jalan Jenderal Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Senin(12/8/2013).

"Otonomi daerah harus berhasil mengembangkan pusat-pusat pertumbuhan dan meningkatkan pembangunan di pedesaan dan kota-kota kecil agar penduduk tidak harus pergi ke kota,” imbuhnya.

Lebih lanjut dia mengatakan, untuk mengatasi pengangguran di pedesaan dan kota-kota kecil, Kemenakertrans mendorong pemerintah daerah agar terus meningkatkan aspek perencanaan ketenagakerjaan.

"Baik di tingkat perusahaan maupun tingkat daerah dengan matang. Kemenakertrans memback up pemerintah daerah untuk membuat perencanaan ketenagakerjaan yang baik supaya tidak terjadi penumpukan pengangguran," ucapnya.

"Pemerintah daerah harus proaktif mencari solusi investasi terus masuk dengan diiringi penciptaan lapangan pekerjaan. Selain itu, berbagai pembangunan seperti infrastruktur melalui padat karya terus ditingkatkan dengan melibatkan masyarakat agar dilakukan dengan matang," tandasnya.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7113 seconds (0.1#10.140)