Ini hasil monitoring pelayanan publik ala Yappika

Kamis, 25 Juli 2013 - 00:47 WIB
Ini hasil monitoring...
Ini hasil monitoring pelayanan publik ala Yappika
A A A
Sindonews.com - Yayasan Penguatan Partisipasi, Inisiatif dan Kemitraan Masyarakat Indonesia (Yappika) merilis hasil monitoring pelayanan publik, dalam menggunakan alat Community Led Monitoring (CLeM).

Hasilnya, secara umum kualitas pelayanan publik di lima sektor berpredikat baik. Lima sektor itu adalah pendidikan, kesehatan, administrasi, perizinan dan kelistrikan.

Namun, nilainya hanya beberapa poin diatas batas minimum 60,01. Untuk sektor pendidikan memperoleh nilai 60,76. Di sektor kesehatan memperoleh nilai 67,72. Kemudian, sektor administrasi memperoleh nilai 65,97. Sedangkan disektor perizinan memperoleh nilai 79,58. Dan sektor kelistrikan memperoleh nilai 66,23.

"Ini menunjukkan bahwa predikat baik tersebut sejatinya adalah 'pas banderol'," ujar Direktur Eksekutif Yappika Fransisca Fitri pada acara diskusi publik dengan tema 'Evaluasi Empat Tahun Implementasi Undang Undang Pelayanan Publik: Menuju Pelayanan Publik yang lebih Berkualitas,' di Hotel Harris, Tebet, Jalan Dr. Saharjo, Jakarta, Rabu (24/7/2013).

Lebih lanjut dia menerangkan, Community Led Monitoring (CLeM) adalah alat untuk melakukan pengawasan pelayanan publik, dengan memberikan penilaian terhadap status kualitas pelayanan publik yang meliputi dua aspek utama. Yakni, kinerja penyelenggara dan kepuasan masyarakat dalam menerima pelayanan publik.

"Penilaian status pelayanan diberikan dengan cara memberikan skor 1-4, dimana semakin baik situasinya maka semakin tinggi nilainya," ungkapnya.

Hasil akhir dari CLeM adalah nilai tunggal yang menunjukkan tingkat status kualitas pelayanan publik. CLeM juga akan menggali persoalan atau harapan masyarakat terhadap pelayanan publik.

"Masing-masing aspek akan diukur berdasarkan unsur-unsur utama penyelenggaraan pelayanan publik yang akuntabel dan berkualitas," katanya.

Sementara itu, CLeM dilaksanakan dalam kurun waktu Juni hingga 20 Juli 2013. Untuk lokasinya, dilakukan di kota Banda Lampung, Kota Pekalongan, Kota Surakarta, Kota Malang, Kota Kupang dan Kabupaten Sinjai.
"CLeM ini dilakukan di 76 unit layanan," terangnya.

Sedangkan total responden sebanyak 2776 orang, yang terdiri dari 76 orang Responden Observasi kinerja penyelenggara, dan 2.700 orang responden survei kepuasan.
(stb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9615 seconds (0.1#10.140)