Meski populer sebagai capres, kepemimpinan Jokowi diragukan

Sabtu, 20 Juli 2013 - 10:36 WIB
Meski populer sebagai capres, kepemimpinan Jokowi diragukan
Meski populer sebagai capres, kepemimpinan Jokowi diragukan
A A A
Sindonews.com - Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo saat ini merupakan sosok yang diagung-agungkan sebagai Calon Presiden 2014 mendatang. Berbagai lembaga survei menempatkan mantan Wali Kota Surakarta itu pada nomor urut teratas sebagai sosok yang paling disukai publik untuk memimpin negara ini.

Sosok Jokowi, begitu sapaan akrab Joko Widodo, selalu menghiasi halaman pemberitaan di berbagai media massa, hal itu karena sifat unik Jokowi yang selalu blusukan dalam menjalankan tugasnya sebagai orang nomor satu di Jakarta.

Terkait hal itu Pengamat politik Universitas Indonesia (UI) Arbi Sanit menilai Jokowi hanya unggul pada tingkat popularitas saja karena sering diberitakan oleh media.

Sementara jika dilihat dari kapasitasnya, sosok yang sering blusukan itu belum bisa dikatakan berhasil dalam memimpin.

"Jokowi hanya unggul popularitas saja, kalau kinerjanya belum terukur," kata Arbi Sanit di Jakarta, Sabtu (20/7/2013).

Dia menilai, hal yang membuat Jokowi populer dan elektabilitasnya tinggi tidak lepas dari seringnya muncul di media. Jokowi telah menjadi kesayangan media (media darling), apapun yang dikerjakan Jokowi tidak luput dari perhatian media.

Hal tersebut, imbuh Arbi, telah mempengaruhi persepsi publik dan seolah dia menjadi orang yang begitu hebat dan pantas untuk menjadi presiden mendatang.

Publik tidak terlalu mempersoalkan bagaimana kinerja Jokowi, apakah sudah bisa dikatakan sukses dalam bekerja atau tidak. Karena dengan popularitasnya seolah masyarakat menilai kinerjanya sudah bagus.

"Jika publik mencermati kinerjanya belum tentu bisa seperti saat ini, meskipun demikian, dengan berbekal popularitas Jokowi bisa berpeluang untuk menjadi calon presiden mendatang," ujarnya.
(lal)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9477 seconds (0.1#10.140)