Besok, pengganti Taufiq Kiemas dilantik

Kamis, 04 Juli 2013 - 15:28 WIB
Besok, pengganti Taufiq Kiemas dilantik
Besok, pengganti Taufiq Kiemas dilantik
A A A
Sindonews.com - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) akhirnya menunjuk politikus senior PDIP, Sidarto Danusubroto sebagai Ketua MPR RI yang baru, menggantikan almarhum Taufiq Kiemas.

Rencananya, mantan ajudan Presiden Soekarno ini akan dilantik Jumat 5 Juli 2013, di Gedung Nusantara IV, Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta Selatan.

"Disepakati akan dilantik dan diambil sumpah pada 5 Juli 2013, besok, akan dilakukan pada pukul 10 pagi hingga 11 siang, dan telah membuat surat undangan pimpinan fraksi," kata Sekretaris Fraksi PDIP MPR RI, Ahmad Basarah di Gedung DPR RI, Kamis (4/7/2013).

Dia mengatakan, pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan ini tertuang dalam tata tertib (Tatib) MPR Pasal 83 ayat 2, yakni Ketua MPR yang telah ditetapkan mengucapkan sumpah atau janji dihadapan pimpinan MPR, fraksi dan kelompok anggota MPR RI.

Seperti diberitakan sebelumnya, Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri menunjuk Sidarto sebagai penerus Taufiq Kiemas hingga tahun 2014.

Taufiq Kiemas wafat pada 8 Juni 2013 dan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP), Kalibata, Jakarta Selatan. Sepeninggal Taufiq maka tugas dan tanggungjawab Ketua MPR dipegang secara kolektif oleh Pimpinan MPR. "Pak Darto ini bukan pengganti, tetapi dia penerus, karena Pak Taufiq Kiemas ini tidak dapat digantikan," kata Basarah.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3635 seconds (0.1#10.140)