Penggeledahan kantor BI oleh KPK dinilai pencitraan

Rabu, 26 Juni 2013 - 16:27 WIB
Penggeledahan kantor BI oleh KPK dinilai pencitraan
Penggeledahan kantor BI oleh KPK dinilai pencitraan
A A A
Sindonews.com - Selama sekira 20 jam, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan penggeledahan di Bank Indonesia (BI). Namun yang dilakukan KPK ini dinilai sebagai bentuk pencitraan.

"Iya lah pencitraan," tukas Anggota Tim Pengawas (Timwas) bailout Bank Century Ahmad Yani di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Rabu (26/6/2013).

Dia juga menilai langkah KPK yang baru menggeledah BI baru-baru ini terlambat. Pasalnya, perkara kasus bailout Bank Century telah ada sejak tahun 2008.

"Kita memang apresiasi, tetapi terlambat lah dari November (2008) baru sekarang. Terus apa yang ditemukan? Apa dalam rangka ada kerjaan, karena mau dipanggil Timwas," bebernya.

KPK melakukan penggeledahan kantor BI terkait penyidikan kasus bailout Bank Century berlangsung cukup lama. Penggeledahan yang dimulai hari Selasa 25 Juni 2013 kemarin itu baru berakhir Rabu pagi.

"Penggeledahan dilakukan lebih dari 20 jam. Setelah briefing Selasa pukul 07.30 WIB di C-1, tim berangkat dan mulai bekerja di BI pukul 09.00 WIB pagi dan baru saja selesai pada hari ini Rabu 26 Juni 2013 dini hari sekitar pukul 05.30 WIB," ujar Wakil Ketua KPK, Bambang Widjojanto saat dihubungi wartawan.

Sebagai pimpinan KPK, mantan pengacara LPS ini sangat mengapresiasi kerja keras Satgas Century dalam melakukan penggeledahan. Meskipun bekerja dalam waktu yang lama, Satgas Century tetap bekerja profesional.

"Kami perlu memberikan apresiasi yang sangat luar biasa pada Satgas Kasus Century KPK dan seluruh tim yang melakukan penggeledahan di BI secara amanah dan profesional," kata dia.

Hasil penggeledahan di BI, kata Bambang, tentu sangat berguna untuk mengungkap kasus senilai Rp6,7 triliun ini. Kendati demikian, dia tidak mau membeberkan lebih jauh mengenai hasil penggeledahan.

"Saya belum dapat laporannya (hasil penggeledahan)," tukas Bambang.‬
(stb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.7042 seconds (0.1#10.140)
pixels