KPK minta lembaga lain contoh BI

Rabu, 26 Juni 2013 - 10:18 WIB
KPK minta lembaga lain contoh BI
KPK minta lembaga lain contoh BI
A A A
Sindonews.com - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah melakukan penggeledahan di Kantor Bank Indonesia (BI) terkait penyidikan kasus bailout Bank Century. Tak tanggung-tanggung, penyidik KPK menghabiskan waktu 20 jam lamanya.

Wakil Ketua KPK Bambang Widjojanto mengapresiasi dan memberikan penghargaan atas kerjasama Gubernur BI dan jajaran BI dalam proses penggeledahan oleh Tim Satgas Century.

"Apa yang dilakukan BI adalah contoh baik untuk memastikan proses penegakan hukum berjalan secara obyektif," ujar Bambang Widjojanto saat dihubungi wartawan, Rabu (26/6/2013).

Lebih jauh, mantan pengacara LPS ini menjelaskan, komitmen berupa "tone from the top" dalam pemberantasan korupsi sangat penting. Menurutnya, hal ini tercermin dari jajaran BI dalam penggeledahan yang dilakukan KPK.

Tak hanya itu, KPK berterima kasih atas dukungan masyarakat supaya KPK melakukan pemeriksaan kasus Century secara bijaksana, profesional dan akuntabel tanpa tekanan dari pihak manapun.

Ia pun mengimbau, agar lembaga pemerintah dan non pemerintahan mencontoh sikap BI dalam upaya pemberantasan korupsi, khususnya dalam menyikapi penggeledahan oleh KPK dan penegak hukum lainnya.

"BI tidak membuat "kegaduhan", tidak membuat "informasi yang distortif" apalagi "menyesatkan" yang dapat menjurus pada indikasi potensi kebohongan publik dan sekaligus pelanggaran atas Pasal 21 UU Tipikor yang berkaitan dengan obstruction of Justice," kata Bambang.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8921 seconds (0.1#10.140)