Timwas Century dukung KPK geledah BI

Selasa, 25 Juni 2013 - 14:59 WIB
Timwas Century dukung...
Timwas Century dukung KPK geledah BI
A A A
Sindonews.com - Tim Pengawas (Timwas) Century memberikan apresiasi kepada penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), yang melakukan penggeledahan di Bank Indonesia (BI).

"Penggeledahan KPK di BI siang ini membuktikan, KPK serius untuk menuntaskan kasus Bank Century. Dan kami di Timwas memberikan apresiasi," kata Anggota Timwas Penyelesaian Kasus Century DPR RI Bambang Soesatyo, melalui rilis yang disampaikan ke Sindonews, Selasa (25/6/2013).

Politikus Golkar ini berharap, dalam penggeledahan itu penyidik KPK juga harus fokus pada upaya mendapatkan buku log (buku catatan rinci keluar masuk uang dari gudang BI), dan CCTV di gudang BI periode November 2008-Oktober 2009 yang memuat catatan tentang pengeluaran dana kas untuk bailout Century.

"Buku log itu menyimpan catatan tentang alamat penerima dana talangan," ungkapnya.

Dana talangan itu, lanjutnya, dikeluarkan dari gudang BI dalam beberapa tahap. "Namun, sebagaimana pengakuan manajemen Century waktu itu, tidak semua dana yang dikeluarkan dari gudang BI diterima manajemen Century," lanjutnya.

Menurut saya, jika KPK bisa mendapatkan buku log itu dan CCTV, para penyidik KPK akan mendapatkan gambaran mengenai kemana saja aliran dana talangan Century.

"Karena itu, sangat penting bagi KPK mendapatkan buku log itu," ungkapnya.

Sebagaimana diketahui pencairan dana fasilitas pendanaan jangka pendek (FPJP) dan dana talangan Century sangat janggal. Karena tidak dilakukan dengan pola transfer, melainkan dengan penyerahan dana tunai yang langsung diambil dari gudang BI.
(stb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7478 seconds (0.1#10.140)