Ini opsi lain penyelamatan APBN

Sabtu, 15 Juni 2013 - 15:14 WIB
Ini opsi lain penyelamatan APBN
Ini opsi lain penyelamatan APBN
A A A
Sindonews.com - Selain menaikkan harga BBM, ternyata ada opsi lain untuk menyelamatkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Hal ini terungkap dalam diskusi polemik Sindo Radio Network di Cikini, Jakarta Pusat.

Menurut Pakar Komunikasi Politik Heri Budianto, sebenarnya ada opsi lain untuk menyelamatkan APBN, selain kebijakan menaikkan harga BBM bersubsidi.

Yakni, meningkatkan penerimaan pajak serta menekan angka korupsi. Oleh karena itu, dia mempertanyakan kebijakan penaikkan harga BBM bersubsidi yang merupakan kebijakan instan selalu digunakan Pemerintah dalam menyelamatkan APBN.

"Kenapa Pemerintah tidak berupaya memanfaatakan penerimaan pajak, menekan korupsi, dan sebagainya," ujarnya dalam diskusi polemik Sindo Radio Network dengan tema 'Berebut Berkah Subsidi' di Warung Daun, Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (15/6/2013).

Lebih lanjut dia mengatakan, kebijakan penaikkan harga BBM bersubsidi ini acapkali dijadikan instrumen politik bagi parpol, terutama menjelang Pemilu.

"Tapi dengan menaikkan harga BBM bersubsidi tidak menyebabkan efek yang terlalu besar (Dalam penyelamatan APBN). Lagipula, dengan kenaikan BBM, efeknya di masyarakat cukup besar," imbuhnya.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7194 seconds (0.1#10.140)