Indonesia-Uruguay buka lembaran baru hubungan bilateral

Kamis, 13 Juni 2013 - 22:27 WIB
Indonesia-Uruguay buka lembaran baru hubungan bilateral
Indonesia-Uruguay buka lembaran baru hubungan bilateral
A A A
Sindonews.com - Hari ini, Kamis (13/6/2013) menjadi tonggak bersejarah dalam hubungan Indonesia dan Uruguay. Kedua negara sepakat menandatangani persetujuan pembebasan visa bagi pemegang paspor diplomatik atau dinas antara pemerintah Indonesia dan pemerintah Uruguay.

Selain itu, dijalin memorandum saling pengertian konsultasi bilateral antara Kementerian Luar Negeri RI dan Kementerian Luar Negeri Republik Oriental Uruguay. Penandatanganan tersebut dilakukan oleh Direktur Jenderal Amerika dan Eropa, Duta Besar Dian Triansyah Djani mewakili Pemerintah RI, sementara Pemerintah Uruguay diwakili oleh Wakil Menteri Luar Negeri, Duta Besar Luis Porto.

Sebelum proses penandatanganan, diselenggarakan pertemuan antara Dirjen Amerop dengan Wakil Menlu Uruguay. Kedua pihak telah membahas upaya-upaya untuk meningkatkan hubungan bilateral di bidang politik, perdagangan dan investasi serta sosial budaya.

Disepakati untuk mendorong konektivitas antar kedua negara baik konektivitas orang maupun infrastruktur. Dirjen Amerop menyampaikan penghargaan kepada Uruguay atas kerja sama yang diberikan bagi pengembangan olahraga nasional, khususnya di bidang sepakbola.

Saat ini telah ada 47 siswa dengan rentang usia 13-14 tahun yang belajar sepakbola di Uruguay untuk jangka waktu 4 tahun.

Kedua pejabat membahas pentingnya Pertemuan Tingkat Menteri ke-6 FEALAC guna mendorong kerja sama antar kawasan Asia Timur dan Amerika Latin. Disepakati bahwa potensi kedua kawasan tersebut belum dimanfaatkan secara optimal.

Selain itu, dibahas rencana Konferensi Tingkat Menteri (KTM) WTO pada bulan Desember 2013. Uruguay menyampaikan komitmen untuk memberikan kontribusi positif dan aktif guna kesuksesan penyelenggaraan KTM tersebut. Hubungan diplomatik RI-Uruguay telah berlangsung dengan baik sejak pembukaan hubungan diplomatik pada tahun 1965.

Perdagangan antara kedua negara dalam kurun waktu lima tahun terakhir menunjukkan tren yang positif, yaitu meningkat sebesar 48,82 persen. Di tahun 2012 nilai perdagangan mencapai USD58,15 juta, meskipun demikian Indonesia dan Uruguay berpandangan bahwa nilai tersebut belum merefleksikan potensi perdagangan kedua negara.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6368 seconds (0.1#10.140)