Ini kriteria pemimpin versi Jusuf Kalla

Sabtu, 09 Februari 2013 - 13:19 WIB
Ini kriteria pemimpin versi Jusuf Kalla
Ini kriteria pemimpin versi Jusuf Kalla
A A A
Sindonews.com - Mantan Wakil Presiden (Wapres) M Jusuf Kalla menilai, untuk menjadi seorang pemimpin, harus berani mengambil tanggung jawab.

Menurutnya, meski tanggung jawab itu akan menghasilkan keputusan yang pahit sekalipun, namun hal itu merupakan risiko dari seorang pemimpin.

Lebih lanjut Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) itu menjelaskan, pemimpin jangan hanya mengambil keputusan yang disukai orang. Sebab, jika hanya mengambil keputusan yang disukai orang, bukan pemimpin namanya, melainkan koordinator.

"Tipe pemimpin yang baik adalah pemimpin yang mengambil keputusan secara cepat dan sangat pragmatis pertimbangannya dalam menentukan keputusannya," ujar Jusuf Kalla dalam acara Wisuda Universitas Indonesia (UI) semester Gasal 2012/2013 di Balairung Universitas Indonesia (UI), Depok, Jawa Barat, Sabtu (9/2/2013).

Seperti diberitakan Sindonews sebelumnya, pada kesempatan tersebut, Jusuf Kalla menerima gelar kehormatan doktor honoris causa di bidang kepemimpinan, dari UI.

Pihak UI menilai, mantan Ketua Umum Partai Golkar itu layak memperoleh anugerah tersebut, karena kontribusinya di dunia kepemimpinan Indonesia. Selain itu, Jusuf Kalla telah mengusung semangat entrepreneur atau kewirausahaan.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6441 seconds (0.1#10.140)