Kerja kabinet sangat buruk di mata warga Papua

Senin, 14 Januari 2013 - 05:00 WIB
Kerja kabinet sangat...
Kerja kabinet sangat buruk di mata warga Papua
A A A
Sindonews.com - Dari 11 kota yang menjadi target responden MNC Media Research, responden yang berdomisili di Kota Jayapura sebagian besar memberikan penilaian yang sangat buruk terhadap kinerja kabinet.

Polling MNC Media Research yang diterima Sindo, Minggu (13/1/2013), total seluruh responden di Jayapura menyatakan pejabat lebih banyak memikirkan kepentingan pribadi dengan prosentase sebesar 80 persen.

Sementara selebihnya, sebanyak 20 persen responden menyatakan, kabinet cenderung memikirkan kepentingan sendiri.

Penilaian warga Jayapura bisa dikarenakan sepanjang 2012 situasi keamanan di Papua masih terus memanas dan menimbulkan korban jiwa.

Di beberapa wilayah Papua, termasuk di Jayapura, kekerasan bersenjata masih berulang terus dan memakan korban baik dari kalangan sipil, maupun aparat keamanan. Pengelolaan kekayaan alam Papua yang semrawut juga menjadi sumber perselisihan karena.

Konflik-konflik tersebut makin sulit diurai karena berkelindan dengan stigmatisasi separatisme dan tingkat keberdayaan masyarakat. Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) dalam laporannya menulis, kasus kekerasan yang terjadi di Papua tahun 2012 meningkat dari tahun sebelumnya.

Tercatat ada 67 kasus, dengan korban tewas 45 orang dan 120 orang mengalami luka-luka. Setahun terakhir ini, Papua tetap menjadi sorotan keprihatinan nasional.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1657 seconds (0.1#10.140)