Amien: Rhoma Irama belum layak nyapres

Minggu, 18 November 2012 - 20:05 WIB
Amien: Rhoma Irama belum layak nyapres
Amien: Rhoma Irama belum layak nyapres
A A A
Sindonews.com - Mantan Ketua MPR RI Amien Rais meminta Raja Dangdut Rhoma Irama berpikir ulang terkait rencana untuk mencalonkan diri sebagai presiden pada Pemilu Presiden 2014 mendatang. Rhoma dinilai belum memenuhi kriteria sebagai Presiden.

Hal ini dikatakan Amien kepada wartawan ketika ditanya seputar wacana pencolonan Rhoma Irama seusai berceramah dalam acara peringatan satu abad Muhamadiyah di gedung Kartini, Kabupaten Sragen, Minggu (18/11/2012).

“Dia itu seniman dan budayawan, dia piawai di lagu, tapi kalau jadi presiden saya minta Rhoma berpikir ulang,” kata Amien.

Amin mengatakan memimpin negara tak bisa disamakan dengan pekerjaan sebagai seorang seniman seperti yang selama ini diketahui publik tentang Rhoma. Hal ini lantaran menjadi presiden harus memiliki kapasitas dan sejumlah kriteria.

Amien menyebut kriteria yang harus dipenuhi yakni memahami hukum ekonomi global, didukung kekuatan TNI dan yang pasti harus memiliki jam terbang politik. Ia menilai Rhoma belum memenuhi kapasitas dan semua kriteria itu.

“Yang mau maju harus refleksi diri. Apakah dari pemahaman dan penguasaan kenegaraan cukup, penerimaan bangsa cukup, diterima Hankam, dunia global menerima atau tidak. Itu harus dipenuhi,” kata dia.

Menurut Amin, memutuskan diri untuk menjadi calon presiden tidak hanya didasarkan pada adanya dukungan dari sejumlah pihak atau keinginan sesaat. Dia menilai dukungan kepada Rhoma untuk maju tidak secara otomatis menjadikan Rhoma layak menjadi presiden.

“Modal memimpin 240 juta warga Indonesia harus komplit. Tidak boleh setiap orang yang ingin jadi presiden lantas maju. Bukan karena banyak kawan lantas bagus,” tukas Amien.

Wacana pencalonan Rhoma Irama sebagai capres mencuat saat organisasi Wasiat Ulama mendeklarasikan Raja Dangdut itu sebagai calon presiden. Rhoma diketahui juga menyambut dukungan ini.
(hyk)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9740 seconds (0.1#10.140)