Distribusi Bansos Corona Rp110 T untuk Masyarakat Harus Segera dan Tepat Sasaran

loading...
Distribusi Bansos Corona Rp110 T untuk Masyarakat Harus Segera dan Tepat Sasaran
Distribusi Bansos Corona Rp110 T untuk Masyarakat Harus Segera dan Tepat Sasaran
A+ A-
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menyiapkan Rp110 triliun untuk sejumlah bantuan sosial (social saffety net) bagi masyarakat dalam menanggulangi dampak ekonomi dari merebaknya pandemi COVID-19 pada Selasa (31/3/2020) kemarin. Program bantuan sosial yang digelontorkan antara lain adalah program keluarga harapan, kartu sembako, dan subsidi listrik.

Menanggapi hal tersebut, Wakil Ketua Umum DPP Partai Golkar Hetifah Sjaifudian menyatakan bahwa pihaknya mengapresiasi langkah presiden ini dan Golkar siap untuk memantau distribusinya agar tepat sasaran.

“Ini yang ditunggu-tunggu masyarakat. Pembatasan berbagai macam kegiatan sejak beberapa waktu lalu sudah mulai terasa dampak ekonominya, terutama bagi masyarakat di lapisan terbawah. Perlu segera ada bantuan konkrit dari pemerintah,” ujar Hetifah dalam siaran pers yang diterima SINDO Media, Rabu (1/4/2020). (Baca juga: Menkumham Sebut 188 Ribu Warga China Berkunjung ke Indonesia Tahun 2020)

Namun, Wakil Ketua Komisi X DPR ini mengingatkan bahwa pemberian bantuan tersebut harus dipastikan tepat guna dan tepat sasaran. Sehingga, kerapihan basis data masyarakat menjadi sangat penting.



“Pendataan harus dilaksanakan secara akurat. Semua pihak dari pemda sampai di tingkat RT, RW, kelurahan dikerahkan untuk mencatat, jangan sampai ada warga yang membutuhkan tapi tidak terdaftar. Jenis bantuan harus sesuai dengan kebutuhan tiap individu yang berbeda-beda,” tandasnya.

Selain itu, Hetifah juga menekankan pentingnya bantuan ini disalurkan tepat waktu. Karena, masyarakat khususnya kalangan menengah ke bawah sangat membutuhkan itu untuk membantu biaya hidup sehari-hari.

“Kita di sini berpacu dengan waktu. Bantuan tersebut sangat urgent untuk segera sampai di tangan yang membutuhkan, karena itu esensial bagi mereka untuk melanjutkan kehidupannya. Banyak yang bergantung dengan upah harian dan sekarang tidak punya penghasilan lagi,” terang Hetifah.



Lebih dari itu, Hetifah menegaskan agar kementerian-kementerian dan lembaga terkait harus bergerak ekstra cepat agar bansos ini segera tersalurkan dan bisa dimanfaatkan secara maksimal.

“Saya harap semuanya bekerja ekstra cepat dari proses pendataan, perencanaan, hingga penyaluran. Jangan sampai masalah birokrasi menghambat penyaluran bantuan. Harus langsung sampai ke tangan masyarakat dalam hitungan hari. Golkar siap kawal dan dukung,” katanya.
(kri)
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top