Reses, Puan Imbau Anggota DPR Perkuat Daya Tahan Rakyat Hadapi Corona

Rabu, 13 Mei 2020 - 04:36 WIB
loading...
Reses, Puan Imbau Anggota DPR Perkuat Daya Tahan Rakyat Hadapi Corona
Dalam pidato penutupannya, Ketua DPR Puan Maharani berpesan kepada seluruh anggota DPR untuk ikut memperkuat daya tahan rakyat di daerah pemilihan (Dapil). Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - DPR resmi menutup masa sidang III tahun sidang 2019-2020 pada Rapat Paripurna DPR, Selasa (12/5/2020). Dalam pidato penutupannya, Ketua DPR RI Puan Maharani berpesan kepada seluruh anggota DPR untuk ikut memperkuat daya tahan rakyat di daerah pemilihan (Dapil) masing-masing dalam menghadapi pandemi Corona (Covid-19) dan dampaknya.

"Saatnya DPR memasuki masa reses, yang akan dilaksanakan dalam kondisi menghadapi Covid-19 dan dampaknya. Oleh karena itu, Pimpinan DPR mengundang seluruh anggota DPR, untuk bergotong royong bersama rakyat dalam menangkal penyebaran Covid-19 dan membangun ketahanan sosial," kata Puan dalam pidatonya di Ruang Paripurna, Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta.

(Baca juga: Paripurna DPR Sahkan Perppu 1/2020 Menjadi UU)

Atas nama Pimpinan DPR, Puan mengumumkan kepada seluruh rakyat Indonesia bahwa mulai tanggal 13 Mei-14 Juni 2020 DPR memasuki Masa Reses Masa Persidangan III Tahun Sidang 2019-2020. Untuk itu, semua anggota DPR diharapkan memperkuat daya tahan rakyat di masing-masing dapilnya terhadap pandemi ini.

"Kepada Yang Terhormat Anggota DPR-RI, pergunakan kesempatan masa reses ini, untuk ikut memperkuat daya tahan rakyat di daerah pemilihan (dapil) dalam menghadapi Covid-19 dan dampaknya," imbaunya.

Selain itu, kata politikus PDIP ini, meskipun sejumlah agenda kegiatan kerja sama antar parlemen DPR harus ditunda akibat pandemi Covid-19, langkah-langkah diplomasi parlemen untuk mendorong kerja bersama global melawan Covid-19 tetap dijalankan.

"Pandemi Covid-19, telah berdampak terhadap lebih dari 200 negara di berbagai wilayah dunia. Oleh karena itu, diperlukan kerja sama masyarakat dunia dalam menanggulangi pandemi Covid-19 dan dampaknya," ucapnya.

Di tengah keterbatasan mobilitas, dia menambahkan, DPR juga telah beberapa kali melaksanakan web seminar dengan melibatkan parlemen negara sahabat dan pemangku kepentingan lainnya.

"Melalui kegiatan ini, diharapkan setiap pihak dapat saling berbagi pengalaman penanganan Covid-19, mengantisipasi ancaman resesi dunia sebagai dampak Covid-19, serta mencari formula pendanaan dunia untuk menanggulangi Covid-19 beserta dampaknya," harapnya.

"Kami ucapkan selamat bekerja, selalu jaga kesehatan, dan jaga jarak fisik, semoga Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa, memberikan rahmat dan bimbingan kepada kita semua," pungkasnya.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1488 seconds (0.1#10.140)