Bantu Atasi Covid-19, KPPI Suplai Kebutuhan Medis Puskesmas

Selasa, 14 April 2020 - 22:18 WIB
loading...
Bantu Atasi Covid-19, KPPI Suplai Kebutuhan Medis Puskesmas
Kaukus Pemuda Parlemen Indonesia (KPPI) menyalurkan bantuan berupa kebutuhan medis seperti APD, kacamata goggle, dan antiseptik ke beberapa puskesmas yang berada di DKI Jakarta. Foto/KPPI
A A A
JAKARTA - Guna membantu para tenaga medis dalam menangani pasien Covid-19, Kaukus Pemuda Parlemen Indonesia (KPPI) menyalurkan bantuan berupa kebutuhan medis seperti APD, kacamata goggle, dan antiseptik ke beberapa puskesmas yang berada di DKI Jakarta.

KPPI merupakan himpunan Anggota DPR RI periode 2019–2024 yang berusia maksimal 40 tahun dari berbagai fraksi, yaitu PDI Perjuangan, Partai Golkar, Partai Gerindra, PKB, Partai Nasdem, Partai Demokrat, PAN, dan PPP. Inisiasi pembentukan KPPI adalah untuk difungsikan sebagai wadah perkumpulan dan bertukar pikiran para parlemen muda.

Selain melakukan pengawasan penanganan Covid-19 oleh mitra pemerintahan di komisi masing- masing, anggota DPR RI yang berhimpun di KPPI juga terjun langsung menunjukkan komitmen dan kepeduliannya untuk kemanusiaan melalui bantuan alat kesehatan maupun sembako untuk daerah pemilihan masing-masing.

Pada penyaluran bantuan kali ini, DKI Jakarta menjadi titik bantuan prioritas KPPI mengingat DKI Jakarta saat ini menjadi provinsi dengan jumlah pasien Covid-19 terbanyak, yakni 2.349 kasus positif. KPPI juga mengutamakan distribusi bantuan untuk puskesmas karena puskesmas menjadi tujuan pertama masyarakat untuk berkonsultasi dokter apabila mereka alami gejala-gejala terinfeksi Covid-19 seperti batuk, demam tinggi, dan sesak napas. Namun, sampai saat ini, puskesmas masih belum memiliki stok alat medis yang cukup untuk melindungi diri mereka selama menangani pasien.

Berdasarkan rilis yang diterima SINDOnews, Selasa (14/4/2020), perincian bantuan yang diberikan adalah 60 liter hand sanitizer dan 493 set APD yang berisi pakaian hazmat dilengkapi dengan kacamata goggle. Bantuan ini disalurkan ke beberapa titik, yaitu Puskesmas Pinang Ranti, Jakarta Timur; Puskesmas Cibubur, Jakarta Timur; Puskesmas Cempaka Putih, Jakarta Pusat; Puskesmas Tanah Abang, Jakarta Pusat; Puskesmas Cilandak, Jakarta Selatan; Puskesmas Srengseng Sawah, Jakarta Selatan; Puskesmas Tanjung Priok, Jakarta Utara; dan Puskesmas, Kalideres Jakarta Barat.

Pihak puskesmas penerima bantuan sangat bersyukur atas perhatian dan kepedulian yang KPPI berikan karena sampai saat ini masih sangat kekurangan persediaan alat-alat medis tersebut.

"Terima kasih banyak atas bantuannya. Benar-benar sangat berarti buat kami karena selama ini karena di tengah situasi seperti ini kami sangat membutuhkan tetapi persediaannya sangat sedikit sehingga tak jarang kami keluar modal sendiri untuk APD. Semoga Tuhan membalas semua kebaikan rekan-rekan yang turut berkontribusi dalam memberikan donasi," ucap Kepala Puskesmas Srengseng Sawah drg. Indah Lestari.

KPPI berharap pandemi virus corona (Covid-19) ini dapat segera teratasi sehingga seluruh masyarakat dapat kembali beraktivitas sehari-hari seperti biasa.
(zik)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1135 seconds (0.1#10.140)