MUI Ungkap Dua Cara Hidup Bermanfaat di Tengah Pandemi Corona

Rabu, 01 April 2020 - 10:37 WIB
MUI Ungkap Dua Cara Hidup Bermanfaat di Tengah Pandemi Corona
MUI Ungkap Dua Cara Hidup Bermanfaat di Tengah Pandemi Corona
A A A
JAKARTA - Sekretaris Jenderal Majelis Ulama Indonesia (MUI), Anwar Abbas mengungkapkan, ada dua cara yang sangat patut dilakukan untuk membuat hidup berarti dan bermakna bagi diri kita dan orang lain di tengah pandemi virus corona atau COVID-19.

(Baca juga: Wabah Corona, KPK Perpanjang Peniadaan Kunjungan Tahanan)

Pertama kata Anwar, melalui pendekatan keimanan, mengajak diri kita dan orang lain untuk semakin mendekatkan diri kepada Allah SWT. Dengan meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepadaNya hidup akan semakin tenang dan terasa bermakna.

"Karena kita akan semakin sadar dan tahu bahwa Tuhan itu adalah Maha Kuasa dan dengan kekuasaanNya dia akan bisa menjauhkan musibah ini dari kita. Oleh karena itu agar musibah ini cepat berlalu kita memohon dan berdoa kepadaNya," ujar Anwar dalam keterangan tertulisnya, Rabu (1/4/2020).

"Dan supaya doa kita diijabah olehNya kita bersihkan diri kita dan kita bertobat serta minta ampun kepadaNya sembari kita berusaha sekuat tenaga untuk melaksanakan semua perintahNya dan menjauhi semua laranganNya sehingga dengan demikian tegaklah sebuah kehidupan yang baik di tengah-tengah masyarakat dan bangsa," tambahnya.

(Baca juga: Cegah Wabah Meluas, 7 Provinsi dan 41 Kabupaten/Kota Siaga Darurat Corona)

Usaha kedua lanjut Anwar, yang harus dilakukan yaitu melalui pendekatan ilmu. Di dalam pendekatan tersebut sadar bahwa Tuhan telah menciptakan alam. Di dalam alam itu Tuhan telah membuat dan menetapkan hukum-hukum dan ketentuan-ketentuanNya yang disebut dengan sunnatullah atau natural law atau yang dikenal dengan hukum alam.

Dari hasil riset dan pengkajian orang tentang alam mereka telah menemukan kebenaran-kebenaran di dalam alam tersebut yang mereka rumuskan dalam bentuk teori.

Dari teori-teori tersebut terbentuklah apa yang disebut dengan ilmu. Dan dengan adanya ilmu maka dapat mengenal adanya ahli yaitu orang yang menguasai bidang yang dia tekuni diantaranya adalah dokter dan biolog.

"Oleh karena kita sekarang berhadapan dengan virus corona maka kita harus bertanya kepada ahlinya karena merekalah yang tahu apa itu virus corona bagaimana karakteristiknya dan bagaimana cara menghindarkan diri darinya serta bagaimana cara mengobatinya," ungkapnya.

Menurut Anwar sebagai seorang muslim dan muslimah yang baik maka di tengah-tengah menyebarnya wabah dan virus corona ini maka cara terbaik yang bisa dilakukan untuk supaya bisa berbuat baik kepada orang lain adalah dengan mematuhi protokol medis yang ada.

Karena cara-cara yang disarankan dalam protokol medis tersebut adalah cara-cara yang didasarkan kepada ilmu pengetahuan yang bisa dipertanggung jawabkan.

"Jadi dengan mematuhi protokol medis tersebut kita berarti selain telah berbuat baik kepada diri kita sendiri kita juga telah berbuat baik dan memberi manfaat yang besar kepada orang lain karena dengan itu insya Allah kita dan orang lain akan mendapatkan kemaslahatan serta terhindar dari bahaya dan malapetaka yang kita takutkan," tuturnya.
(maf)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
berita/ rendering in 0.1254 seconds (10.101#12.26)