Tangkal Corona, Anggota Dewan Diimbau Salurkan APD untuk Tenaga Medis

Senin, 23 Maret 2020 - 17:20 WIB
Tangkal Corona, Anggota Dewan Diimbau Salurkan APD untuk Tenaga Medis
Tangkal Corona, Anggota Dewan Diimbau Salurkan APD untuk Tenaga Medis
A A A
JAKARTA - Wakil Ketua Komisi III Bidang Hukum DPR Ahmad Sahroni menyerukan kepada legislator di seluruh Indonesia untuk tergerak hatinya mengulurkan bantuan berupa Alat Pelindung Diri (APD) kepada para tenaga medis yang berjuang menangani pasien virus Corona (Covid-19) di segenap penjuru Tanah Air.

Menurut Sahroni kondisi yang dihadapi bangsa Indonesia menjadi momentum bagi para wakil rakyat untuk menunjukkan kepedulian terhadap sesama dengan melakukan aksi nyata, menyalurkan bantuan APD yang dibutuhkan masyarakat, khususnya tenaga medis. (Baca juga: Bagikan APD ke Sejumlah Rumah Sakit, Sahroni: Mereka Pahlawan Kita)

“Kepada kolega-kolega saya para legislator dari Sabang hingga Merauke, mari kita menggugah hati kita untuk ambil bagian berkontribusi melawan Covid 19,” seru politikus Nasdem ini seusai menyerahkan ribuan APD ke RSPI Sulianti Saroso, Senin (23/3/2020).

Sahroni sendiri telah menyalurkan berbagai APD ke sejumlah rumah sakit di Jakarta. Selain RSPI Sulianti Saroso, bantuan sejenis juga telah disebar ke RSUD Cengkareng, RSUD Cilincing, RSUD Koja dan RSUD Tanjung Priok. (Baca juga: Jokowi Sebut 180 Negara Berebut Mendapatkan APD, Masker dan Sanitizer)

Bantuan APD kepada petugas medis menurut Sahroni merupakan langkah konkret wakil rakyat yang sangat dibutuhkan masyarakat di wilayah konstituennya masing-masing. “Sekalipun hanya satu unit APD sangat dibutuhkan dalam perang kita melawan Covid 19. Satu unit APD untuk mencegah Covid 19. Satu unit yang sangat penting bagi masyarakat yang terdampak,” imbuhnya.

Ahmad Sahroni juga mendorong mitranya, terutama di Polri, Kejaksaan, dan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) menggelar inspeksi mendadak (Sidak) terkait ketersediaan APD yang saat ini sangat dibutuhkan. “Saya minta Kapolri segera sidak tempat-tempat yang menjadi garda terdepan ketersediaan APD, pabrik-pabrik segera disidak,” ucapnya.

Distribusi APD yang merata ke rumah sakit rujukan Covid 19 menurut Sahroni sangatlah penting karena menjadi bagian dari amunisi pelayanan yang luar biasa di rumah sakit. Untuk itu Polri perlu memastikan ketersediaan APD jangan sampai oknum-oknum distributor APD berbuat nakal untuk kepentingannya sendiri.
(cip)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3284 seconds (0.1#10.140)