Mahfud MD Minta RT-RW Digerakkan untuk Perangi Virus Corona

Senin, 23 Maret 2020 - 14:46 WIB
Mahfud MD Minta RT-RW Digerakkan untuk Perangi Virus Corona
Mahfud MD Minta RT-RW Digerakkan untuk Perangi Virus Corona
A A A
JAKARTA - Menteri Koordinator bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam), Mahfud MD menyatakan, dalam situasi wabah virus Corona (Covid-19) yang semakin luas, aparat pemerintah dari yang paling bawah seperti RT dan RW penting dilibatkan.

"Sebab itu diputuskan agar pemda mempunyai pemahaman dan sikap yang sama terhadap itu karena berdasarkan informasi dan data yang dimiliki Anda (media), juga virus Corona ada di tempat tertentu misalnya Jakarta, Surabaya, Jateng dan sebagainya," ujar Mahfud, Senin (23/3/2020). (Baca juga: Staf Khusus Presiden: Milenial Berpotensi Paling Besar sebagai Penyebar Corona)

Di sisi lain, dari data yang ada, di banyak daerah, virus Corona ini sifatnya masih kecil-kecil sehingga tak jarang pemerintah setempat kerap abai melakukan antisipasi. Untuk itu, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian sudah sepakat dengan pemerintah daerah untuk membuat pemahaman yang sama agar pemda tahu bahwa serangan virus ini bisa membesar meski daerahnya sekarang belum terserang secara masif, tapi bisa saja suatu saat akan membesar serangan-serangan ke daerah itu.

"Tentu kalau menyangkut peran kepala daerah RT, RW, lurah, camat dan sebagainya harus digerakkan semuanya secara simultan untuk memerangi virus ini," tukasnya.
(cip)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.8059 seconds (0.1#10.140)