Survei Cyrus Network, Sandiaga Uno Jadi Capres 2024 Paling Disukai

Sabtu, 14 Maret 2020 - 10:49 WIB
Survei Cyrus Network, Sandiaga Uno Jadi Capres 2024 Paling Disukai
Survei Cyrus Network, Sandiaga Uno Jadi Capres 2024 Paling Disukai
A A A
JAKARTA - Lembaga survei Cyrus Network merilis hasil survei terkait tingkat popularitas dan kesukaan atau likeabilitas tokoh yang berpotensi maju dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 mendatang.

Hasilnya, mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Salahudin Uno menempati posisi terkuat untuk menjadi kandidat pada Pilpres 2024 dalam simulasi enam nama tokoh tanpa diikutsertakan nama Prabowo Subianto dan Joko Widodo (Jokowi).

"Saat nama Prabowo dihilangkan, Sandiaga Uno menempati urutan pertama. Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo pun mengungguli Anies Baswedan," ujar CEO Cyrus Network Eko David Afianto di Hotel Morrissey, Jalan Wahid Hasyim, Jakarta Pusat, Jumat (13/3/2020). (Baca juga: Survei IPO: Ganjar Pranowo Kepala Daerah Paling Berpotensi Jadi Capres )

Hasil itu didapatkan dari pertanyaan, "Bayangkan jika Anda berada di bilik suara pada tahun 2024 dan Anda diminta untuk memilih salah satu dari 6 tokoh berikut ini sebagai Presiden selanjutnya. Siapakah yang anda pilih?".

Lalu didapati bahwa Sandiaga Uno menempati posisi pertama dengan jumlah pendukung terbanyak sebesar 27,3%. Sandi berhasil mengalahkan mantan pasangannya pada Pilgub DKI Jakarta 2017 Anies Baswedan yang hanya mendapat dukungan sebesar 20%.

"Selisih antara Sandiaga dengan Anies ini mencapai 7 persen lebih dalam simulasi survei tidak melibatkan Prabowo dan Jokowi," kata Eko.

Jumlah tersebut tentunya menjadi kekalahan yang berat bagi Anies yang menjabat sebagai Gubernur Jakarta, sedangkan Sandi dulu hanya menjadi wakilnya.

Lebih lanjut, posisi ketiga ditempati oleh Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo yang digadang-gadang juga akan maju pada Pilpres 2024 mendapat dukungan 14,9%. Lalu, posisi keempat ditempati oleh Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, yang mendapat 10,2% dukungan.

Namun, ketika disandingkan dengan nama Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Sandiaga menempati posisi kedua dengan jumlah dukungan sebanyak 18,8%. Sementara Prabowo mendapat dukungan 23,8 %.

"Dukungan terhadap Sandiaga Uno tersebut tetap lebih tinggi daripada Anies Baswedan yang menempati posisi keempat dengan dukungan 13%. Sementara itu, Ganjar Pranowo menempati posisi ketiga sebesar 13,2%," jelasnya.

Kemenangannya terhadap Anies Baswedan tentunya memuluskan jalan Sandiaga Uno untuk maju Pilpres 2024. Hal tersebut membuktikan kalau masyarakat lebih memilih Sandiaga sebagai pemimpin Indonesia daripada calon-calon lainnya. Sebelumnya pada Pilpres 2019, Sandiaga pernah menjadi calon terkuat memimpin Indonesia bersama Prabowo Subianto.

Survei dilaksanakan pada 24-30 Januari 2020 pada 1.230 responden yang dipilih dengan metode multistage random sampling. Margin of error survei adalah 2,85% dengan tingkat kepercayaan 95%.

Adapun responden dalam survei ini penduduk Indonesia yang berumur minimal 17 tahun atau sudah menikah. Proporsi responden laki-laki dan perempuan sebesar 50%:50%. Responden tersebar secara proporsional pada 123 desa/kelurahan terpilih di 34 provinsi seluruh Indonesia.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6811 seconds (0.1#10.140)