Serahkan Bibit Pohon, Megawati Harap Cakada Peduli Lingkungan

Rabu, 19 Februari 2020 - 18:54 WIB
Serahkan Bibit Pohon, Megawati Harap Cakada Peduli Lingkungan
Serahkan Bibit Pohon, Megawati Harap Cakada Peduli Lingkungan
A A A
JAKARTA - Ketua Umum DPP PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri menyerahkan bibit pohon kepada pasangan calon (paslon) Pilkada 2020 yang diusung PDIP. Pohon tersebut diberikan sebagai komitmen untuk merawat alam dan lingkungan.

Pohon itu diberikan Megawati kepada lima orang calon kepala daerah (Cakada) mewakili 49 pasangan yang diumumkan PDIP, hari ini (19/2/2020).

(Baca juga: LIPI Sebut 80% Tanaman Herbal Dunia Tumbuh di Indonesia)

Selain diberikan rekomendasi, para pasangan juga dibekali oleh-oleh berupa bibit tanaman. Yang dimaknai bahwa ini sejalan dengan hasil Rakernas I PDIP beberapa waktu lalu di Jakarta.

Menurut Mega, para calon kepala daerah dari PDIP harus mau jujur soal kerusakan alam yang terjadi. Dan kerusakan itu justru karena abainya diri sendiri.

"Kenapa dunia makin rusak? Sebetulnya akibat ulah sendiri. Misal di Sumatera, ada pembalakan kayu. Jangan malu, buka saja bahwa ada memang di sana. Minta orangnya ditangkap," kata Megawati.

Sehingga, tak heran saat ini banjir muncul dimana-mana. Menurut dia, hal itu terjadi akibat ada yang salah dari perlakuan manusia terhadap alam.

Sementara itu Sekjen DPP PDIP, Hasto Kristiyanto menyatakan, pemberian bibit pohon kepada calon dimaksudkan untuk meneguhkan komitmen mereka terhadap bumi.

Kata Hasto, selain memang merawat lingkungan bagian dari 'manivesto' rakernas I PDIP, Megawati juga dianggapnya merupakan pribadi yang koncern merawat alam.

Bahkan ruangan acara pengumuman itu didisain dengan begitu banyak bibit pohon di seluruh titik-titik ruangan. Hasto menegaskan, Gerakan Mencintai Bumi yang dipelopori PDIP itu harus diimplementasikan oleh para kepala daerah yang diusung.

Kinerja mereka akan juga diukur dengan seberapa banyak pohon yang mereka tanam serta seberapa panjang sungai serta banyaknya mata air yang dirawat di wilayahnya masing-masing.

"Nantinya semua itu juga akan diperjuangkan oleh kepala daerah, kita implementasikan," pungkasnya.

Selain pemberian bibit pohon, para calon kepala daerah itu juga menyatakan janji yang dimuat dalam Dasa Prasetya Partai. Janji yang sama juga pernah diucapkan oleh para kader PDIP seperti Joko Widodo, Tri Rismaharini, Djarot Saiful Hidayat, dan Ganjar Pranowo.

Hasto mengisahkan bahwa Jokowi dan Djarot adalah para kepala daerah partainya yang dulu bersama pimpinan partai melakukan evaluasi paska 2004. Saat itu, sebagai jawabannya, dirumuskan Hasta Prasetya, partai yang wajib menjadi janji bagi para calon kepala daerah partai itu.

"Pada 2010, disempurnakan menjadi Dasa Prasetya Partai," kata Hasto. Ketua DPP PDIP Sukur Nababan lalu memandu para calon kepala daerah itu saat berikrar.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1835 seconds (0.1#10.140)