Inovasi Terkait SDM dan Lingkungan, Kris Rianto Raih Penghargaan

Selasa, 18 Februari 2020 - 04:31 WIB
Inovasi Terkait SDM dan Lingkungan, Kris Rianto Raih Penghargaan
Inovasi Terkait SDM dan Lingkungan, Kris Rianto Raih Penghargaan
A A A
JAKARTA - Pembinaan sumber daya manusia (SDM) yang baik menjadi penting bagi kemajuan bangsa Indonesia. Tidak hanya itu, Inovasi produk ramah lingkungan menjadi nilai plus dalam bisnis berkelanjutan.

Inilah yang dipupuk CEO Propan Raya Kris Rianto Adidarma. Atas kerja kerasnya membangun ekonomi bangsa, dia meraih penghargaan Best CEO 2019 dari SWA, Dinamis Organization Services.

Para dewan juri yang dipercaya untuk menilai para kandidat CEO 2019 pun tidak main-main. Mereka adalah orang-orang hebat yang telah berkecimpung di dunia bisnis, kalangan akademisi, maupun praktisi. Selain penilaian didasarkan atas penjurian, juga dilakukan survei untuk menentukan siapa yang layak dinobatkan sebagai CEO terbaik 2019.

Menurut Kemal Effendy Gani, Chief Editor SWA Grup, ajang pemilihan The Best CEO kali ini adalah untuk mencari seorang pemimpin bisnis yang mampu menghadirkan gagasan baru dan inovasi, baik dalam melakukan transformasi maupun mengubah model bisnis serta mampu membangun kepercayaan kepada para stakeholder terutama karyawan.

Perang dagang, gejolak mata uang, disrupsi teknologi, suku bunga yang terus melonjak, life cycle produk makin pendek, dan kondisi makro ekonomi Indonesia yang belum membaik, menjadi tantangan seorang CEO untuk membawa perusahaan ke arah yang lebih baik melalui transformasi tersebut.

"CEO-CEO terbaik hasil survei yang kami lakukan tahun ini menunjukkan kemampuan mereka sebagai pemimpin bisnis yang berhasil mengatasi disrupsi tersebut,” ucap Kemal saat ditemui di malam penghargaan bagi para Best CEO 2019.

Tommy Sudjarwadi, Partner Dunamis Organization Services dan Head of Franklin Covey Indonesia mengatakan, ada empat peran seorang CEO dalam kondisi sekarang. Pertama, dia harus bisa membangun kepercayaan karyawan (Inspire Trust). Kedua, Create Vision, yakni menentukan tujuan baru perusahaan yang otomatis juga strategi perusahaan.

Ketiga, Execute Strategy atau mengeksekusi strategi baru tersebut. Keempat, Coach Potential atau melakukan coaching dan menempatkan orang-orang yang cocok dan tepat dalam organisasi serta memberi mereka kesempatan dan kontribusi.

"Empat parameter inilah sangat kritikal dan cocok untuk mengukur apakah CEO bersangkutan bisa beradaptasi dalam situasi VUCA (volatile, uncertain, complex dan ambigous)," ujarnya. Setelah dilakukan penjurian, Kris Rianto Adidarma berhasil dinobatkan sebagai 10 Best CEO 2019.

Beberapa poin yang dilakukan Kris untuk memajukan Propan Raya adalah terus meningkatkan inovasi produk cat ramah lingkungan, menerapkan teknologi digital 4.0 baik dari sisi proses maupun pemasaran, mendukung pengembangan SDM manusia dibidang pengecatan dengan memberikan pelatihan tukang se-Indonesia agar memiliki keahlian dan meningkatkan taraf hidup, serta terus berkomitmen mewujudkan usaha-usaha mengangkat Arsitektur Nusantara serta mendukung pengembangan ekonomi kreatif dan pariwisata Indonesia.

Kemenangan Kris bersanding dengan CEO Golden Energy Mines Tbk (Bonifasius), CEO Alianz Life Indonesia Joos Louwerier), CEO PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (Anggara Hans Prawira), CEO PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk (Christian Kartawijaya); CEO PT Kalbe Farma Tbk (Vidjongtius), CEO Rumah Zakat Indonesia (Nur Efendi), CEO PT Bintang Toedjoe (Simon Jonatan), Chairman Multi Inti Sarana Group (Tedy Agustiansjah), dan CEO Standart Chartered Bank Indonesia (Rino Donosoepoetro).

"Terima kasih saya ucapkan kepada Majalah SWA, Dunamis Organization Services, tim juri, dan semua pihak yang telah menobatkan saya sebagai Best CEO 2019. Pastinya saya bersyukur kepada Tuhan atas pencapaian yang luar biasa ini. Penghargaan ini saya dedikasikan untuk seluruh karyawan Propan Raya dan keluarga saya tercinta, terutama ayah saya, Hendra Adidarma. I love you," ucap Kris.

Selain menerima penghargaan, Kris juga didapuk menjadi narasumber dalam program talkshow bertajuk "Menjawab Tantangan dan Merebut Peluang Bisnis 2020." Sekali lagi, kami ucapkan selamat buat Kris Rianto Adidarma, semoga bisa semakin termotivasi untuk membawa Propan Raya menjadi perusahaan Indonesia yang mendunia.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3858 seconds (0.1#10.140)