PDIP Tekankan Haluan Negara Berdasar Akar Budaya Bangsa

loading...
PDIP Tekankan Haluan Negara Berdasar Akar Budaya Bangsa
PDIP Tekankan Haluan Negara Berdasar Akar Budaya Bangsa
A+ A-
JAKARTA - PDI Perjuangan mengundang sejumlah budayawan dan akademisi untuk berdiskusi mengenai kebudayaan dengan Candi Borobudur sebagai gambaran. Diskusi itu sekaligus untuk memperkaya khasanah kebudayaan jelang Rakernas I tahun 2020.

Tema diskusi adalah Mengangkat dan Membumikan Filsafat, Spiritualitas dan Kebudayaan Asli Nusantara'. Hasilnya, ada kesepahaman bahwa lebih strategis bagi Indonesia untuk mendasarkan pembangunan ke depan dengan selalu berakar pada kebudayaan sendiri.

Sekjen DPP PDIP, Hasto Kristiyanto mengatakan, tema diskusi senafas dengan perjuangan PDIP yang menekankan pentingnya haluan negara. Hasto merasa PDIP bertanggung jawab dengan haluan negara karena Rakernas nanti pihaknya akan membahas hal tersebut.

"Dan kami meyakini, bahwa haluan negara tersebut harus bertitik tolak dari akar peradaban kita," kata Hasto, Jumat (13/12/2019).



Dalam konteks itu lanjut Hasto, maka haluan negara yang nantinya akan secara formal dibahas di MPR RI, bukanlah sekedar langkah politik. Namun juga sebagai sebuah jalan kebudayaan untuk memastikan masa depan Indonesia untuk 25 tahun, 50 tahun, dan 100 tahun ke depan.

"Maka hal-hal berkaitan dengan kesejahteraan rakyat, perekonomian, dan lain sebagainya, yang berakar kuat pada kekayaan kebudayaan bangsa, semua akan dibungkus dalam sebuah panduan bernama haluan negara," ucapnya.

"Ini memang bukan jalan mudah. Tapi paling tidak, bila bertumpu pada kebuidayaan kita, kita takkan kehilangan arah atas jalan bangsa kita ke depan. Boleh teknologi ada. Tapi teknologi apa yang mau dikembangkan? Bagi kami, haluan negara adalah wujud Indonesia berkepribadian di dalam kebudayaan itu," bebernya.



Namun apakah kebudayaan Indonesia patut untuk menjadi dasar membangun masa depan? Tidakkah kita cukup mencontek kebudayaan barat saja?
halaman ke-1 dari 3
TULIS KOMENTAR ANDA!
preload video
Top