PDIP Tekankan Haluan Negara Berdasar Akar Budaya Bangsa

Jum'at, 13 Desember 2019 - 20:48 WIB
PDIP Tekankan Haluan Negara Berdasar Akar Budaya Bangsa
PDIP Tekankan Haluan Negara Berdasar Akar Budaya Bangsa
A A A
JAKARTA - PDI Perjuangan mengundang sejumlah budayawan dan akademisi untuk berdiskusi mengenai kebudayaan dengan Candi Borobudur sebagai gambaran. Diskusi itu sekaligus untuk memperkaya khasanah kebudayaan jelang Rakernas I tahun 2020.

Tema diskusi adalah Mengangkat dan Membumikan Filsafat, Spiritualitas dan Kebudayaan Asli Nusantara'. Hasilnya, ada kesepahaman bahwa lebih strategis bagi Indonesia untuk mendasarkan pembangunan ke depan dengan selalu berakar pada kebudayaan sendiri.

Sekjen DPP PDIP, Hasto Kristiyanto mengatakan, tema diskusi senafas dengan perjuangan PDIP yang menekankan pentingnya haluan negara. Hasto merasa PDIP bertanggung jawab dengan haluan negara karena Rakernas nanti pihaknya akan membahas hal tersebut.

"Dan kami meyakini, bahwa haluan negara tersebut harus bertitik tolak dari akar peradaban kita," kata Hasto, Jumat (13/12/2019).

Dalam konteks itu lanjut Hasto, maka haluan negara yang nantinya akan secara formal dibahas di MPR RI, bukanlah sekedar langkah politik. Namun juga sebagai sebuah jalan kebudayaan untuk memastikan masa depan Indonesia untuk 25 tahun, 50 tahun, dan 100 tahun ke depan.

"Maka hal-hal berkaitan dengan kesejahteraan rakyat, perekonomian, dan lain sebagainya, yang berakar kuat pada kekayaan kebudayaan bangsa, semua akan dibungkus dalam sebuah panduan bernama haluan negara," ucapnya.

"Ini memang bukan jalan mudah. Tapi paling tidak, bila bertumpu pada kebuidayaan kita, kita takkan kehilangan arah atas jalan bangsa kita ke depan. Boleh teknologi ada. Tapi teknologi apa yang mau dikembangkan? Bagi kami, haluan negara adalah wujud Indonesia berkepribadian di dalam kebudayaan itu," bebernya.

Namun apakah kebudayaan Indonesia patut untuk menjadi dasar membangun masa depan? Tidakkah kita cukup mencontek kebudayaan barat saja?

Salim Lee lalu memaparkan Candi Borobudur sebagai sebuah perwujudan bahwa di masa lalu, leluhur bangsa Indonesia saat ini begitu luar biasa. Di abad lampau itu, nenek moyang sudah menguasai teknik luar biasa.

Namun bukan hanya teknik, ternyata estetika dan seni rupa yang terwujud di candi itu menggambarkan kemantapan serta kebudayaan Nusantara yang ramah, akomodatif, kokoh dan tegar, terbuka dan toleran.

"Semua yang ada mengandung filosofi hidup tingkat tinggi. Borobudur mencerminkan keagungan kebudayaan Nusantara, ajaran-ajaran yang memberi haluan dan pandangan hidup sebagai pedoman untuk hidup secara optimal," ulas Salim, yang juga pengajar nilai-nilai filsafat dan spiritual Borobudur.

Maka baginya, tak ada alasan untuk menolak kekayaan budaya itu sebagai patokan pembangunan bangsa masa kini untuk masa depan

Salah satu penanggap, Otong Toyibin Wiranatakusumah yang merupakan Ketua Rukun Warga Bandung mengatakan, orang Indonesia saat ini kerap melupakan leluhurnya sendiri. Dan justru lebih menerima pengaruh asing yang menyingkirkan budaya sendiri.

"Padahal kalau kita mau jujur, kekecauan negara saat ini yang disebabkan kekacauan politik berdampak pada ekonomo dan sosial serta aspek-aspek lainnya, apakah bukan karena kita salah memilih, yakni enggan memastikan akar budaya bangsa sebagai akar arah pembangunan?" kata Otong.

"Di saat kita hendak mewujudkan Indonesia baru yang berjiwa Nusantara, ini saatnya kita mengakui kembali kebesaran dan kebijaksaan para leluhur kita," ujarnya.

Romo Mudji Sutrisno memaparkan, banyak hal mengenai perlunya menggali kearifan maupun nilai-nilai yang terdapat di dalam warisan budaya. Inti paling pokoknya, bahwa Indonesia ke depan harus berpijak kepada nilai yang berguna, bermanfaat, bagi kehidupan.

"Jadi apa yang baik, benar, suci, yang indah, yang dihayati oleh local genius dan kita sebagai bangsa, itulah Pancasila itu," kata Romo Mudji, yang merupakan Penulis buku Filsafat Nusantara.

Hasto lalu memuncaki bahwa pendapat para pakar dan tokoh itu semakin menguatkan bahwa haluan negara harus berbasis kepada kekayaan budaya bangsa Indonesia sendiri. Salah satunya adalah kekayaan pangan dan rempah-rempah yang dimiliki Nusantara.

Di rakernas nanti, PDIP akan mendalami dan merumuskan bagaimana kekayaan budaya ini menjadi basis pengembangan industri. Maka itu, pengembangan industri yang dibayangkan hingga 100 tahun ke depan adalah industri pangan, sandang, dan papan industri bahan baku industri: industri energi; dan industri farmasi.

"Bahwa di dalam hal pangan dan bumbu-bumbuan, kekayaan hayati kita di dalam laut, kita bisa kaya tanpa harus menambang yang sebenarnya merusak lingkungan kita," ujar Hasto.

Diksusi Menghadirkan Budayawan M.Sobari, Rm. Mudji Sutrisno, dan Arsitek, Peneliti Relief Candi Borobudur Salim Lee sebagai pembicara utama, yang dimoderatori Sejarawan Bonnie Triyana. Hadir juga sejumlah anggota DPR dari PDIP. Seperti Puti Guntur Soekarno, Vita Ervina, Rano Karno, Aria Bima, dan Ribka Tjiptaning.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4398 seconds (0.1#10.140)