Masyarakat Cinta Papua Tolak HUT OPM

Jum'at, 29 November 2019 - 10:33 WIB
Masyarakat Cinta Papua Tolak HUT OPM
Masyarakat Cinta Papua Tolak HUT OPM
A A A
JAKARTA - Ratusan orang yang mengatasnamakan Masyarakat Cinta Papua melakukan aksi di depan Gedung Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Kemenko Polhukam), Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Jumat (29/11/2019).

Aksi massa yang dimulai pukul 10.00 WIB ini, mendeklarasikan penolakannya terhadap HUT OPM dan menyatakan kecintaannya kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Koordinator aksi, Jefri Tenus menjelaskan, negara adalah suatu organisasi yang besar yang mempunyai tugas untuk pencapaian tujuan secara nasional dalam rangka mempertahankan dan meningkatkan kelestarian kehidupan bangsa dan negara.

Menurut dia, menjaga dan memelihara eksistensi negara agar tetap bertahan hidup (survive), bukanlah suatu hal yang mudah. Negara senantiasa diperhadapkan dengan berbagai ancaman yang membahayakan eksistensinya, baik yang berasal dari luar maupun dari dalam dirinya sendiri.

Salah satu bentuk ancaman yang membahayakan negara ini adalah kejahatan atau tindak pidana makar. Menurut dia, isu perayaan HUT Organisasi Papua Merdeka (OPM) mulai mengemuka jelang 1 Desember.

”OPM adalah organisasi yang didirikan pada 1965 untuk mengakhiri pemerintahan Provinsi Papua dan papua merdeka yang saat itu disebut sebagai Irian Jaya, bahkan sempat menyatakan memisahkan diri Indonesia,” katanya.

Mereka tak segan-segan melakukan aksi militer separatis, salah satunya dengan menyandera 1.300 warga dan mengakibatkan seorang anggota Brimob tewas. Dia menegaskan, OPM bukanlah berjuang atas nama Papua. Mereka hanyalah segelintir orang yang mengaku Papua, namun sebenarnya sedang dimanfaatkan oleh orang lain atau orang yang berkepentingan dengan asing untuk menuntut pisah dari NKRI.

”Oleh karena itu, kita tetap harus bersatu menjaga Tanah Air dan tidak takut terhadap siapapun yang hendak mencabik-cabik persatuan bangsa Indonesia. Karena Menjaga Papua adalah menjaga Indonesia,” tegasnya.

Melihat banyaknya peristiwa tersebut maka kami yang tergabung dalam Masyarakat Papua Cinta NKRI mendeklarasikan diri:
1. Mengajak seluruh elemen masyarakat Papua khususnya, dan umumnya masyarakat Indonesia untuk menolak HUT OPM pada 1 Desember
2. Meminta kepada semua pihak keamanan agar dapat menindak tegas setiap adanya kelompok yang akan merayakan HUT OPM
3. Menolak dengan tegas keberadaan kelompok separatis yang sering menyengsarakan masyarakat dan menghambat pembangunan
4. Mengajak seluruh masyarakat untuk tetap menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) sudah final dan Papua tetap berada di dalam bingkai NKRI.
5. Papua tetap Merah Putih, Papua NKRI, Papua damai.
(cip)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5038 seconds (0.1#10.140)