Megawati Resmi Dikukuhkan Kembali Jadi Ketum PDIP 2019-2024

Kamis, 08 Agustus 2019 - 21:27 WIB
Megawati Resmi Dikukuhkan...
Megawati Resmi Dikukuhkan Kembali Jadi Ketum PDIP 2019-2024
A A A
DENPASAR - Megawati Soekarnoputri resmi kembali dikukuhkan sebagai Ketua Umum (Ketum) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Periode 2019-2024 dalam Kongres V di Hotel Grand Inna Bali Beach.

Pengambilan sumpah itu dilakukan dalam rapat pleno Kongres V PDIP yang dilaksanakan secara tertutup yang dipimpin Soerjo Respationo pada Kamis (8/8/2019) malam.

Dalam pidatonya setelah pengambilan sumpah jabatan, Megawati menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh peserta Kongres yang kembali mempercayainya sebagai ketum.

"Terima kasih saya telah mendapat tugas berat disuruh lagi menjadi Ketua Umum PDIP. Meskipun berat sekali, tapi karena saya berpikir demi kepentingan bangsa dan negara. Dan alhamdulillah saya diminta secara aklamasi oleh 34 DPD dan sekarang dengan penuh penghormatan dan kehormatan dipilih oleh utusan partai di dalam bagian AD/ART kta yaitu sebuah institusi tertinggi partai yang namanya kongres partai yang kelima," ucap Megawati mengawali sambutannya.

"Dengan segala hormat tugas ini saya terima," lanjut Megawati yang langsung mendapat tepuk tangan dari seluruh peserta Kongres.

Setelah berpidato, Megawati pun menerima ucapan selamat dari sejumlah kader dan menyediakan waktu untuk meladeni permintaan swafoto.

Kepada wartawan setelah pengukuhan, Megawati mengatakan permintaan maaf karena semula pengukuhan akan berlangsung terbuka namun akhirnya dinyatakan tertutup. Dikatakan Megawati, pengukuhan memang dipercepat.

"Seharusnya kalau secara normal sebelum (DPP) demisioner itu seharusnya dibacakan pertanggungjawaban dari DPP partai. Ternyata tidak perlu karena utusan menyatakan dapat diterima secara aklamasi. Diketok, dengan begitu DPP demisioner telah dipilih, karena begitu aturannya untuk digantikan oleh sementara yang memimpin sidang-sidang di Kongres," tuturnya.

Dikatakan Mega, sebelumnya dalam Rakornas di Jakarta sebanyak 34 DPD juga telah menyampaikan usulannya meminta dirinya kembali sebagai ketum. "Itupun secara aklamasi sehingga sifatnya di Kongres ini dikukuhkan. Dan seperti hasil yang dikatakan Pak Suryo, ketua sidang, dari aspirasi bawah yang telah disampaikan pandangan umum yang dilakukan DPD-DPC sebagai utusan, semua menghendaki secara aklamasi saya diangkat lagi sebagai Ketum PDIP Periode 2019-2024. Itu saya kira kronologis dari persidangan malam hari ini," katanya.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1048 seconds (0.1#10.140)