Sengketa Pilpres, Ansor Minta Semua Pihak Patuhi Keputusan MK

Kamis, 27 Juni 2019 - 13:53 WIB
Sengketa Pilpres, Ansor Minta Semua Pihak Patuhi Keputusan MK
Sengketa Pilpres, Ansor Minta Semua Pihak Patuhi Keputusan MK
A A A
JAKARTA - Semua pihak yang bersengketa dalam Pilpres 2019 mematuhi keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang dibacakan hari ini, Kamis (27/6/2019). Permintaan mematuhi keputusan MK juga ditujukan kepada para pendukung pasangan calon.

”Keputusan MK sifatnya final dan mengikat. Karenanya GP Ansor meminta kepada pihak yang bersengketa patuh pada hasil putusan MK sebagai landasan utama dalam kehidupan berbangsa dan bernegara,” kata Ketua Umum Pimpinan Pusat Gerakan Pemuda Ansor Yaqut Cholil Qoumas, Kamis (27/6/2019).

GP Ansor juga mengimbau para pendukung pasangan calon agar berlaku damai dalam menyikapi keputusan MK, termasuk bagi pihak yang kalah berperkara. “Jangan mudah terprovokasi karena kita percaya dalam memutus perkara, MK akan berlaku adil berdasarkan alat bukti dan fakta persidangan. Mereka yang kalah berperkara akan tidak puas, namun dibutuhkan kedewasaan dalam menyikapi kekalahan,” ujarnya.

Menurutnya, keputusan sidang tidak memuaskan bagi mereka yang kalah berperkara. Namun semua pihak harus menerima apa pun hasilnya.

Gus Yaqut mengatakan, kemenangan yang utama dari pemilihan umum adalah keutuhan kehidupan berbangsa dan bernegara. “Sekian bulan kita berbeda pilihan sesuai dengan keyakinan akan pilihannya. Ketika sudah diputuskan siapa yang menang saatnya kita bersatu memikirkan bangsa ini. Mari terima dengan ikhlas,” tandasnya.

GP Ansor mengimbau seluruh elemen bangsa termasuk kader GP Ansor dan Banser untuk tetap tenang, menjaga kondusivitas, serta tidak melakukan aksi kekerasan dan tindak pelanggaran hukum lainnya. “Proses penyelesaian sengketa melalui koridor hukum memberikan pelajaran kepada kita semua untuk berdemokrasi secara sehat, memanfaatkan saluran yang semestinya serta bermartabat,” tegasnya.

Gus Yaqut menuturkan, pihaknya mencermati proses persidangan di MK berlangsung lancar dan tertib. “Dari apa yang kita lihat sidang menjunjung tinggi asas keberimbangan, keadilan, kejujuran serta profesionalitas dari para pihak dan majelis hakim. Sehingga selayaknya kita memberikan kepercayaan secara penuh kepada hakim untuk mengambil keputusan secara adil,” ujarnya.

Usai ini, Ansor mengajak seluruh elemen bangsa untuk kembali beraktivitas secara normal, kembali bersatu padu bekerja sama membangun negeri. Jika ada pihak yang masih belum puas dan terus melakukan provokasi, Ansor memiliki sikap tegas untuk melawan mereka. “Kami tidak akan menoleransi provokasi yang akan membuat bangsa ini terpecah,” tuturnya.
(poe)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7748 seconds (0.1#10.140)