Hari Pahlawan, Jokowi Tabur Bunga di TMP Cikutra Bandung

Sabtu, 10 November 2018 - 10:49 WIB
Hari Pahlawan, Jokowi Tabur Bunga di TMP Cikutra Bandung
Hari Pahlawan, Jokowi Tabur Bunga di TMP Cikutra Bandung
A A A
BANDUNG - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memimpin langsung upacara Peringatan Hari Pahlawan Nasional di Taman Makan Pahlawan (TMP) Cikutra, Kota Bandung, Jawa Barat, Sabtu(10/11/2018).

Upara peringatan Hari Pahlawan Nasional ini rutin digelar setiap tahun. Kegiatan tersebut sebagai bentuk mengenang jasa para pahlawan yang telah merebut kemerdekaan Indonesia dari tangan penjajah.
Hari Pahlawan, Jokowi Tabur Bunga di TMP Cikutra Bandung
Tahun lalu, Jokowi memimpin upacara di TMP Kalibata Jakarta. Namun, untuk tahun ini Jokowi melaksanakannya di Kota Bandung dan masuk dalam salah satu kegiatannya selama dua hari nanti.

Berdasarkan pantauan, Presiden Jokowi tiba di TMP Cikutra sekitar pukul 08.10 WIB. Jokowi yang hadir dengan menggunakan jas setelan hitam itu didampingi Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan HAM Wiranto, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Pangdam III Siliwangi dan Kapolda Jabar.

Tiba di TMP Cikutra, Jokowi langsung menjadi inspektur upacara dan menerima laporan dari komandan upacara. Kemudian dilanjutkan dengan mengheningkan cipta sebagai bentuk memberi penghormatan kepada arwah pahlawan. Upacara ditutup dengan pembacaan doa dipimpin oleh Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin.
Hari Pahlawan, Jokowi Tabur Bunga di TMP Cikutra Bandung
Setelah upacara berakhir, Presiden dan para peserta upacara menaburkan karangan bunga ke makam para pahlawan. Para pahlawan yang ditabur bunga oleh Jokowi yakni, Abdoel Moeis yang merupakan perintis kemerdekaan, mantan Gubernur Jawa Barat Letjen TNI (Purn.) H Mashudi, Jenderal TNI (Purn.) Moch Yogie S Memet, Laksda Udara Noor Tanio, Sulaiman yang merupakan mantan Danlanud Margahayu, serta mantan Dubes RI untuk Arab Saudi Aang Kunaefi

Upacara Hari Pahlawan Nasional ini berlangsung sekitar 40 menit. Usai melaksanakan tabur bunga, Presiden langsung bergeser menuju Gedung Sate untuk membuka dan mengikuti kegiatan Bandung Lautan Sepeda yang digelar Kodam III Siliwangi.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7252 seconds (0.1#10.140)