BNPT dan Badan Antiteror Spanyol Tukar Informasi

Sabtu, 29 April 2017 - 21:46 WIB
BNPT dan Badan Antiteror Spanyol Tukar Informasi
BNPT dan Badan Antiteror Spanyol Tukar Informasi
A A A
JAKARTA - Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) melakukan pertemuan dengan El Centro de Inteligencia contra el Terrorismo y el Crimen Organizado (CITCO)/Intelligence Center Against Terrorism and Organised Crime yang merupakan Badan Anti Teror Negara Spanyol. Pertemuan tersebut merupakan tindak lanjut dari penandatanganan nota kesepahaman (MoU) antara Indonesia dengan Spanyol yang telah berlangsung pada tahun 2015 dalam bidang penanggulangan terorisme.

Kepala BNPT, Komjen Pol Suhardi Alius mengatakan, kedua pihak juga bertukar informasi tentang perkembangan ancaman terorisme pada kedua negara. Tukar informasi, kata dia termasuk mengenai perkembangan radikalisme di media sosial serta Foreign Terrorist Fighter (FTF).

"Setelah bertukar informasi dan saling mendengarkan informasi mengenai ancaman terorisme, maka Indonesia dan Spanyol pun sepakat untuk meningkatkan kerja sama penanggulangan terorisme ke depannya,” ujar Suhardi dalam siaran pers yang diterima SINDOnews, Sabtu (29/4/2017).

Dia menerangkan terorisme menjadi ancaman global yang serius. Bahkan dalam kurun waktu sepuluh tahun yang lalu tidak ada negara yang kebal dari terorisme. Menurutnya serangan teroris telah terjadi di seluruh dunia, mulai dari Madrid tahun 2004, Nice, Berlin, Istanbul, Brussel, New York, London, Paris termasuk Ibu Kota Jakarta.

“Kami menggunakan dua langkah dalam penanggulangan terorisme yaitu soft approach (pencegahan) dan hard approach (penindakan). terangnya. (Baca: Hasil Investigasi Kontras Terkait Kematian Siyono)

Pertemuan BNPT dengan El Centro de Inteligencia contra el Terrorismo y el Crimen Organizado (CITCO)/Intelligence Center Against Terrorism and Organised Crime dilaksanakan di Madrid, Spanyol, pada Jumat, 28 April 2017.
(kur)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6368 seconds (0.1#10.140)