Dianggap Dekat dengan Jokowi, Saldi Isra Tetap Jaga Independensi

Selasa, 11 April 2017 - 15:44 WIB
Dianggap Dekat dengan Jokowi, Saldi Isra Tetap Jaga Independensi
Dianggap Dekat dengan Jokowi, Saldi Isra Tetap Jaga Independensi
A A A
JAKARTA - Hakim Mahkamah Kontitusi (MK) Saldi Isra yang baru saja dilantik menggantikan Patrialias Akbar membantah dirinya pernah ditunjuk menjadi penasihat hukum pemerintahan Joko Widodo (Jokowi).‎ Ia mengakui pernah dimintai pandangannya oleh pemerintah mengenai permasalahan hukum.

‎"Orang sebagai profesor hukum tata negara kalau ada orang minta pendapat ya kita berikan‎," tutur Saldi usai dilantik Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Selasa (11/4/2017).

Saldi mengaku akan independen dalam menjalankan tugasnya sebagai salah satu hakim MK. Hal itu sebagaimana dia lakukan sebagai ahli di bidang tata negara selama ini.

"Banyak orang mengatakan, saya dekat dengan Presiden Jokowi, saya kira tidak keliru juga, tapi saya tetap mempertahankan independensi," ujarnya.

Menurutnya, soal independensi sudah dibuktikan selama ini kepada pemerintah. ‎Saldi mengklaim selama ini dirinya kerap melontarkan kritik kepada pemerintah melalui tulisan atau opini yang dimuat di media massa.

‎"Jadi kalau pemerintah atau instansi manapun memerlukan pendapat saya ini, dan saya selalu berupaya memberikan sesuai dengan keilmuan saya, tanpa kemudian merusak independensi yang sudah saya bangun sejak lama‎," pungkasnya.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8473 seconds (0.1#10.140)