Sejumlah Calon Kepala Daerah dari PDIP Ziarah ke Makam Soekarno

Senin, 10 Oktober 2016 - 13:08 WIB
Sejumlah Calon Kepala Daerah dari PDIP Ziarah ke Makam Soekarno
Sejumlah Calon Kepala Daerah dari PDIP Ziarah ke Makam Soekarno
A A A
JAKARTA - Sejumlah calon gubernur dan calon wakil gubernur yang diusung Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) berziarah ke makam Presiden Indonesia pertama Soekarno. Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok-Djarot (DKI), Rano-Embay (Banten), Hana Hasanah-Tony Yunus (Gorontalo), Rustam-Irwansyah (Babel), Ali Baal Masdar (Sulbar), dan Dominggus Mandacan (Papua Barat).

Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDIP, Achmad Basarah mengatakan, ziarah ke makam Soekarno bagian dari tradisi partainya yang sering dilakukan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri. Kegiatan tersebut dilakukan, baik momentum keagamaan seperti memasuki bulan suci Ramadhan dan Idul Fitri maupun menghadapi momentum penting hajatan nasional seperti pemilu.

"Untuk menghormati jasa Bung Karno sebagai Bapak Bangsa pendiri negara Indonesia sekaligus mendoakan semoga arwah beliau mendapat tempat terbaik di sisi Allah SWT," ujar Basarah, Senin (10/10/2016).

Menurutnya, kehadiran para calon gubernur dan wakil gubernur itu sekaligus mengingatkan mereka agar dalam mengikuti proses pilkada tidak menggunakanakan cara-cara tidak sesuai kepribadian bangsa Indonesia. Aapalagi, kata dia menggunakan cara-cara yang merusak eksistensi dan keutuhan NKRI seperti mengeksploitasi isu SARA dan sebagainya.

"Jika kelak terpilih dan menjadi kepala dan wakil kepala daerah benar-benar dapat menjadi pemimpin yang menjaga dan mengimplementasikan amanah dan ajaran-ajaran Bung Karno khususnya untuk menciptakan kesejahteraan rakyat dan keadilan sosial yang berdasarkan Pancasila melalui haluan politik Trisakti," ucapnya. (Baca: Jelang Kongres PDIP, Megawati Ziarah ke Makam Bung Karno)

Ziarah kubur atau nyekar ke makam Soekarno sejumlah calon kepala daerah itu dipimpin Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri didamping sejumlah pengurus puat PDIP. Beberapa di antaranya Hasto Kristiyanto, Achmad Basarah, Eriko Sotarduga, Komarudin Watubun dan beberapa anggota DPR dari PDIP.
(kur)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7128 seconds (0.1#10.140)