Penguatan Karakter Prajurit Melalui Keutamaan Ramadhan

Jum'at, 01 Juli 2016 - 10:45 WIB
Penguatan Karakter Prajurit Melalui Keutamaan Ramadhan
Penguatan Karakter Prajurit Melalui Keutamaan Ramadhan
A A A
Laksamana TNI Ade Supandi, S.E. M.A.P
Kepala Staf Angkatan Laut

ASSALAMU'ALAIKUM Warahmatullahi Wabarakatuh. Memasuki waktu akhir di bulan suci Ramadhan, aroma kemenangan tercium begitu harum menyapa lahirnya kembali makhluk berkarakter suci sesuai fitrah manusia di Hari Raya Idul Fitri nanti.

Bulan Ramadhan yang dijuluki dengan sebutan sayyidusy syuhur (penghulu bulan-bulan) senantiasa dinantikan umat Islam sedunia karena memiliki banyak keutamaan dan hikmah di dalamnya yang tidak dimiliki oleh bulan lainnya.

Keutamaan dan hikmah yang terkandung di Bulan Ramadhan tak terbantahkan dari sudut pandang apapun dan dari manapun. Kita dapat merasakan rahasia keutamaan dari Bulan Ramadhan apabila kita berhasil menjalaninya dengan benar sesuai ketentuan.

Dari sekian banyak keutamaan Bulan Ramadhan, ada tiga keutamaan besar yang dapat diambil manakala bulan Ramadhan tiba. Pertama, memberikan pendidikan untuk selalu taat dan patuh serta disiplin dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Hal ini tercermin dari pelaksanaan ibadah puasa dengan aturan yang jelas dan tegas sehingga bagi siapa yang melanggarnya dinyatakan batal atau tidak sah.

Begitupun pada bagian lain pelaksanaan ibadah puasa memberikan pendidikan yang luar biasa dalam rangka pengendalian diri dengan menahan hawa nafsu, kesabaran dan kejujuran sehingga mampu menata hidup harmonis bagi setiap individu dan kelompok.

Kedua, memberikan contoh pentingnya konsistensi, sehingga setiap ibadah di bulan Ramadhan menunjukkan adanya ketetapan dan keteguhan yang secara substansi tidak dapat diubah.

Salah satunya waktu pelaksanaan puasa yang dimulai sejak terbitnya fajar hingga terbenamnya matahari. Demikian pula ketetapan hukum yang bersifat pokok tidak dapat diganggu gugat.

Ketiga, keutamaan yang dapat diambil dari pelaksanaan bulan Ramadhan adalah adanya kebersamaan dengan tidak mengenal batasan untuk saling membantu dan tolong menolong satu sama lain.

Kebersamaan terlihat indah dalam aktivitas salat berjamaah dibalut suasana tertib dan kompak menggambarkan suatu masyarakat madani yang aman dan damai.

Tiga keutamaan yang selalu hadir saat Ramadhan melahirkan kedisiplinan, konsistensi serta kebersamaan sebagai fondasi kuat dalam meningkatkan derajat setiap makhluk yang menjalaninya.

Ini terjadi karena ritual ibadah di bulan Ramadhan mulai dari kewajiban ibadah puasa, salat sunah tarawih, mengeluarkan zakat serta ibadah lainnya adalah siklus yang menguatkan manusia yang kuat, tangguh, sabar, ikhlas dan pantang menyerah serta memiliki solidaritas dan saling menyayangi juga berbagi.

Oleh karena itu nilai-nilai keutamaan Ramadhan sesungguhnya selaras dengan nilai-nilai yang dibangun di lingkungan TNI Angkatan Laut, yakni membentuk prajurit berkarakter maritim yang tidak lepas dari Trisila TNI AL yaitu disiplin, hierarki dan kehormatan militer serta sejalan dengan tantangan medan tugas di laut yang penuh dengan dinamika seperti irama gelombang itu sendiri.

Ke depan tentunya tantangan tugas prajurit TNI AL, selain menghadapi dinamika ancaman tugas pokok, juga tantangan alam yang hanya dapat ditaklukan melalui kedekatan dengan sang pencipta Tuhan Yang Maha Kuasa Allah SWT, oleh sebab itu keimanan dan ketakwaan menjadi hal yang esensial untuk membentuk prajurit TNI AL.

Melalui keutamaan Ramadhan, dalam implementasinya juga membentuk pribadi prajurit yang ber-akhlaqul karimah dalam kehidupan bermasyarakat, berbagsa dan bernegara.

Akhirnya, bahwa nilai-nilai yang terkandung dalam keutamaan Bulan Ramadhan, sejatinya telah tertanam dan terus melekat dalam setiap individu sejak seorang prajurit dididik dalam lembaga pendidikan pembentukan pertama.

Dengan demikian, momentum Ramadhan dapat dijadikan sarana penyegaran dalam memelihara serta menguatkan nilai-nilai dan karakter prajurit TNI AL supaya tidak tergerus zaman dan lekang oleh waktu.

Selamat menyambut Hari Kemenangan, Selamat hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1437 H 2016 M. Mohon maaf lahir dan batin kepada seluruh pembaca dan seluruh prajurit TNI AL di manapun bertugas, tetap tingkatkan iman dan takwa, selamat bertugas dalam pengabdian kepada negara dan bangsa. Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7310 seconds (0.1#10.140)