Hasto: PDIP Yakini Nilai Satyam Eva Jayate

Minggu, 06 Maret 2016 - 01:04 WIB
Hasto: PDIP Yakini Nilai...
Hasto: PDIP Yakini Nilai Satyam Eva Jayate
A A A
JAKARTA - Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri selalu menanamkan nilai Satyam Eva Jayate, suatu nilai yang disampaikan pertama kali oleh Raden Wijaya, pendiri Kerajaan Majapahit.

"Satyam Eva Jayate yang artinya kebenaranlah yang akhirnya menang, merupakan salah satu nilai yang diyakini PDIP,” jelas Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto saat memberikan sambutan dalam acara menyambut kemenangan PDIP sebanyak 13 daerah dari 19 daerah pilkada di Jawa Timur, di Alun-alun Merdeka, Ngawi, Jawa Timur, Sabtu (5/3/2016) malam.

Syukuran dengan menggelar wayang kulit dengan lakon Gatotkaca Winisuda oleh dalang kondang Ki Anom Suroto. Ribuan warga Ngawi tekun mendengarkan sambutan Hasto yang kemudian secara simbolis menyerahkan wayang Gatot Kaca kepada dalang Ki Anom Suroto.

Dalam sambutannya sebelum wayang dimulai, Hasto menyampaikan pesan Megawati Soekarnoputri yang meminta agar seluruh kepala daerah PDIP benar-benar mewujudkan Indonesia yang berkepribadian dalam kebudayaan. Hasto juga menegaskan bagaimana nilai Satyam Eva Jayate agar diperhatikan seluruh kader PDIP.

Hasto juga menegaskan bahwa wayang tidak hanya ekspresi kebudayaan. Sebab wayang menggambarkan ritual kehidupan manusia dalam pergulatan mewujudkan nilai-nilai kebenaran.

“Hal ini nampak dalam keseluruhan cerita wayang yang berkiblat pada satu nilai bahwa kebenaranlah yang akhirnya menang,” kata Hasto.

Hasto melanjutkan, wayang dengan lakon Gatotkaca Winisuda itu menegaskan pergulatan seorang satria yang rela menjalankan tugas. Membela negara tanpa pamrih dan bersedia menerima tugas membela negara dengan jiwa pengorbanan.

"Dengan melihat pagelaran wayang ini kita bisa melihat bagaimana setiap satria hanya akan selamat apabila dia dikawal oleh para punakawan. Punakawan dalam wujud Semar, Gareng, Petruk dan Bagong adalah cerminan dari wong cilik yang sekaligus orientasi dedikasi hidup PDIP," papar Hasto.

Hasto juga mengucapkan terima kasih atas dukungan masyarakat Ngawi terhadap Bupati terpilih Ngawi yang diusung PDIP, Budi Sulistiyono, yang mendapatkan dukungan suara hingga 87%.

Dalam kesempatan yang sama, Bupati Ngawi Budi Sulistiyono mengatakan dukungan besar warga Ngawi sangat disyukurinya. “Saatnya harus mengabdi kepada masyarakat. Bagaimana menyejahterakan masyarakat ke depan,” ucap Budi yang dikenal dengan sapaan Mas Kanang.

PILIHAN:
Lima Poin Aspirasi DPD Golkar ke Ade Komarudin

Kegaduhan Menteri Juga Pernah Terjadi di Era SBY
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.3493 seconds (0.1#10.140)