Pemerintah Bakal Bikin Sel Tahanan Khusus Napi Terorisme

Kamis, 21 Januari 2016 - 20:28 WIB
Pemerintah Bakal Bikin Sel Tahanan Khusus Napi Terorisme
Pemerintah Bakal Bikin Sel Tahanan Khusus Napi Terorisme
A A A
JAKARTA - Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) akan menyiapkan sel ruang tahanan khusus narapidana (napi) kasus terorisme. Tiap sel ruangan khusus napi teroris itu, tidak ada napi kasus lain.

Napi teroris itu akan ditempatkan di blok khusus yang dijaga sangat ketat oleh aparat Kepolisian, TNI dan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT).

Hal demikian untuk menghindari pembaiatan paham radikalisme atau perekrutan jaringan teroris di dalam sel ruang tahanan, serta mengoptimalkan upaya deradikalisasi.

Menkumham Yasonna H Laolyā€ˇ mengaku telah memberi tugas kepada Direktorat Jenderal (Dirjen) Pemasyarakatan untuk membuat peta serta menghitung anggaran yang dibutuhkan untuk itu.

"Nah ini harus dirotasi, misalnya lapas (lembaga pemasyarakatan) itu di satu tempat supaya jangan membangun jaringan kita pindah lagi ke satu tempat. Jadi harus ada beberapa tempat lapas khusus yang dijaga BNPT, TNI, Polri, ini sementara kajian kita," kata Yasonna saat jumpa pers di Kantor Presiden, Jakarta, Kamis (21/1/2016).

Kendati demikian, sel ruang tahanan khusus itu tidak hanya di satu lapas. "Kalau menggabungkan di satu tempat ini juga bisa menjadi tempat semacam sekolah," tutur Yasonna.

Pilihan:

Kisruh Internal Kosgoro, Agung Laksono Polisikan Aziz Syamsuddin

Diduga Illegal Fishing, Keamanan Laut RI Buru Empat Kapal China
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5587 seconds (0.1#10.140)