Empat Pilar Bisa Bersinergi dengan Kearifan Lokal

Sabtu, 23 Mei 2015 - 04:29 WIB
Empat Pilar Bisa Bersinergi dengan Kearifan Lokal
Empat Pilar Bisa Bersinergi dengan Kearifan Lokal
A A A
PURWAKARTA - Keberadaan empat pilar dengan kearifan lokal dinilai dapat bersinergi satu sama lain. Keduanya adalah penguat persatuan dan penjaga moral bangsa dari arus globalisasi yang mulai menyapa bangsa Indonesia.

"Kalau Indonesia kita membangun nasionalisme maka cinta daerah itu semakin kuat, dan saya kira kita bisa mandiri," ujar Wakil Ketua MPR Mahyudin saat menyambangi Kabupaten Purwakarta untuk menyosialisasikan empat pilar kebangsaan, Jumat (22/5/2015).

Di Purwakarta, Mahyudin melihat kearifan lokal sangat dijaga masyarakatnya. Di sana mereka tetap menjaga kekayaan budaya dengan mengenakan pakaian adat, berbicara dengan bahasa lokal serta pergaulan sehari-hari.

Sementara empat pilar kebangsaan meliputi Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika, serta NKRI. "Saya kira ini satu hal positif, daripada kita diracuni oleh produk-produk dari luar negeri seakan itu semua yang baik, modern," jelasnya.

Mahyudin menambahkan sudah saatnya di Indonesia kearifan lokal dijaga terus oleh masyarakatnya. Sebab dengan itu maka kita membangun keberagaman dan kebanggaan akan kekayaan yang dimiliki Indonesia.

"Makanya saya bilang semestinya kita lebih bangga pakai batik karena itu budaya kita, ketimbang memakai jas," pungkasnya. (ico)
(kur)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.9561 seconds (0.1#10.140)