Pancasila sebagai Ideologi Terbuka, Simak Penjelasannya

Jum'at, 22 Juli 2022 - 14:35 WIB
loading...
Pancasila sebagai Ideologi Terbuka, Simak Penjelasannya
Pancasila merupakan ideologi negara Indonesia. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Pancasila merupakan bentuk ideologi negara Indonesia yang terwujud dari berbagai nilai yang ada dalam kehidupan masyarakat. Karena itu ideologi tersebut sangat menentukan pribadi suatu bangsa.

Pada masa modern kini yang terkenal memiliki dinamisasi dan transformasi tinggi membutuhkan ideologi negara terbuka yang bisa menyesuaikan nilai dalam masyarakat terhadap perkembangan zaman.

Pancasila sebagai ideologi terbuka selalu berkembang seiring berjalannya waktu dan memiliki sifat tidak kaku, dinamis dan reformatif serta mampu beradaptasi dengan tujuan untuk mewujudkan cita-cita bangsa Indonesia.

Baca juga: BPIP Tegaskan Pancasila Harus Menjadi Prinsip Dasar Aparatur Sipil Negara

Itulah sebab mengapa ideologi terbuka dapat mengatasi problematika yang sering muncul sesuai dengan pedoman dan idealisme yang dipercaya. Tidak hanya itu, Pancasila sebagai ideologi terbuka juga memiliki beberapa nilai-nilai yang terkandung di dalamnya, yaitu sebagai berikut :

1. Nilai Dasar

Nilai ini bersifat tetap dan tak berubah yang ada di dalam ideologi. Nilai ini diantaranya adalah ketuhanan, kemanusiaan, persatuan, kerakyatan dan keadilan.

Baca juga: Akademisi UI: Pancasila Harus Jadi Landasan Geopolitik Nasional

Hal tersebut merupakan inti dari sila dalam Pancasila. Karena itu dalam UUD 1945 yang merupakan norma dasar dan sumber hukum negara Indonesia terdapat Pancasila dalam pembukaannya.

2. Nilai Instrumental
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1456 seconds (10.177#12.26)