Peran Megawati jika Lepas Posisi Ketum PDIP

Selasa, 24 Maret 2015 - 15:42 WIB
Peran Megawati jika Lepas Posisi Ketum PDIP
Peran Megawati jika Lepas Posisi Ketum PDIP
A A A
JAKARTA - Kongres Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dilaksanakan April 2015 mendatang. Proses regenerasi kepemimpinan di partai berlambang kepala banteng itu dinilai tidak dapat dihindari.

Pengamat politik dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Siti Zuhro berpendapat, meskipun sosok Ketua Umum (Ketum) PDIP Megawati Soekarnoputri masih unggul, namun peluang adanya regenerasi kepemimpinan harus diberi ruang.

"Menjadi tanggung jawab Megawati untuk mendorong dan menyiapkan kader penerus di PDIP," ujar Siti dalam perbincangannya dengan Sindonews melalui sambungan telepon, Selasa (24/3/2015).

Menurutnya, salah satu pilar demokrasi di tubuh partai adalah memberikan tongkat estafet kepemimpinan kepada kader partai. Maka itu, putri Bung Karno itu wajib mengawal proses regenerasi di internal PDIP.

Dia memprediksi, sosok sentral Megawati Soekarnoputri tidak bergeser walaupun dia merelakan kursi Ketua Umum PDIP kepada kader terbaiknya.

Sementara itu mengenai proses pemilihan Ketua Umum baik di PDIP maupun partai lain dia berharap tidak dilakukan secara aklamasi.

"Siapapun yang memenangkan kontestasi di kongres nanti harus tetap sinergi dengan Mega sebagai mentor sehingga PDIP tetap utuh, solid tidak mengalami perpecahan," imbuhnya.
(kur)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5464 seconds (0.1#10.140)