Pekan depan komposisi Hakim MK lengkap

Jum'at, 21 Maret 2014 - 15:58 WIB
Pekan depan komposisi Hakim MK lengkap
Pekan depan komposisi Hakim MK lengkap
A A A
Sindonews.com - Mulai pekan depan, komposisi hakim di Mahkamah Konstitusi (KM) sudah lengkap. Hal itu mengingat Wahiduddin Adams dan Aswanto telah resmi sebagai hakim konstitusi.

Keduanya resmi menggantikan mantan Ketua MK Akil Mochtar yang ditangkap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), serta hakim Harjono yang memasuki masa pensiun.

Ketua MK Hamdan Zoelva menyampaikan terimakasih kepada DPR, yang telah memilih Wahiduddin dan Aswanto untuk mengisi kekosongan jabatan dua hakim konstitusi.

"Pak Harjono itu mulai Senin (24 Maret 2014), ini tidak bisa aktif sebagai hakim konstitusi, untuk itu mulai minggu depan sudah full sembilan orang," kata Hamdan di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (21/3/2014).

Disamping itu, kata dia, MK juga berterimakasih kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang telah mempercepat prosesi pengambilan sumpah Wahiduddin dan Aswanto sebagai hakim konstitusi.

"Sehingga kami akan memiliki kekuatan penuh dalam menghadapi kemungkinan adanya sengketa Pemilu 2014. Kami full sembilan orang, sehingga nanti penuh tiga panel," tuturnya.

Maka dari itu, ujar dia, pihaknya sangat yakin bahwa segala sengketa pemilu yang dibawa ke MK bisa terselesaikan tepat waktu. "Karena waktunya hanya satu bulan dan juga akan diselesaikan sebaik-baiknya," imbuhnya.

Hakim terpilih harus perbaiki MK
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 3.0001 seconds (0.1#10.140)