Belajar aksara Jawa lewat aplikasi hanacaraka

Jum'at, 20 Desember 2013 - 03:23 WIB
Belajar aksara Jawa lewat aplikasi hanacaraka
Belajar aksara Jawa lewat aplikasi hanacaraka
A A A
Sindonews.com - Balai Teknologi dan Komunikasi Pendidikan (BTKP) DIY me-launching aplikasi pembelajaran aksara Jawa dengan nama Hanacaraka. Aplikasi yang melibatkan para ahli budaya Jawa ini bisa diperoleh secara gratis oleh masyarakat.

"Tugas kami memang mengembangkan pendidikan dari segi teknologi komunikasinya," kata Kepala BTKP Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Singgih Raharja kepada wartawan, di Yogyakarta, Kamis 19 Desember 2013.

"Karena zaman sekarang sudah banyak anak SD yang menggunakan smartphone, daripada hanya dibuat untuk jejaring sosial atau tentu akan lebih bermanfaat jika dengan aplikasi pembelajaran semacam Hanacaraka," imbuhnya.

Singgih menuturkan, aplikasi Hanacaraka merupakan aplikasi baru dan menjadi satu-satunya alikasi pendidikan aksara Jawa yang dibuat oleh institusi atau lembaga.

Menurutnya, dengan melibatkan dua kelompok kepakaran yakni ahli konten bahasa Jawa dan ahli teknologi dari Universitas Gajah Mada (UGM) dan Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), ia menjamin aplikasi tersebut dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah.

"Sebenarnya sudah cukup banyak aplikasi aksara Jawa, hanya belum dapat dipertanggungjawabkan kontennya. Aplikasi ini sendiri kami buat untuk menunjukkan pendidikan aksara Jawa dari Yogyakarta yang bisa dijadikan pedoman pembelajaran," pungkasnya.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.6419 seconds (0.1#10.140)