Antisipasi Krisis, Jokowi Disarankan Tiru SBY

Minggu, 30 Agustus 2015 - 18:03 WIB
Antisipasi Krisis, Jokowi Disarankan Tiru SBY
Antisipasi Krisis, Jokowi Disarankan Tiru SBY
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) disarankan tidak ragu-ragu meniru langkah Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dalam mengatasi persoalan ekonomi akibat melemahnya nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat.

Pasalnya kondisi ekonomi yang memburuk bisa memicu krisis kepercayaan publik terhadap pemerintah Joko Widodo-Jusuf Kalla (Jokowi-JK). (Baca: Awas Krisis Politik Malaysia Bisa Menular ke Indonesia)

Pengamat politik dari Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta, Ahmad Bakir Ikhsan menyarankan agar pemerintah Jokowi-JK tidak malu-malu meniru Presiden-presiden sebelumnya yang dianggap berhasil mengatasi krisis.

"Pada waktu lalu juga, waktu (pemerintahan) SBY pada tahun 2008, krisisnya luar biasa, tapi dia mampu menstabilkan," ujar Bakir kepada Sindonews, Minggu (30/8/2015).

Dalam hal membuat stabil nilai tukar mata uang rupiah, kata Bakir, SBY dianggap berhasil menahan gejolak peredaran dolar di Indonesia. Efeknya kepercayaan publik terhadap pemerintah akan menjadi terjaga.

Di tengah krisis nilai tukar rupiah yang berdampak terhadap sektor perekonomian lainnya, Bakir berharap pemerintah Jokowi-JK tidak terus-menerus mengkambinghitamkan faktor ekonomi global.

Masyarakat, kata dia, hanya butuh aksi nyata pemerintah untuk mengatasi persoalan ekonomi. "Kalau tidak, ya saya kira masyarakat akan semakin pesimis," katanya.

PILIHAN:

IPW Anggap Wajar Penetapan Tersangka Capim KPK
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7628 seconds (0.1#10.140)