Untuk Sementara Seluruh Hercules Stop Beroperasi

Sabtu, 04 Juli 2015 - 16:13 WIB
Untuk Sementara Seluruh Hercules Stop Beroperasi
Untuk Sementara Seluruh Hercules Stop Beroperasi
A A A
JAKARTA - Pasca jatuhnya pesawat Hercules C-130 di Medan, Sumatera Utara, untuk sementara waktu pesawat tersebut untuk sementara tidak digunakan. Hercules akan digunakan kembali setelah tim investigasi menemukan penyebab jatuhnya hercules tersebut.

"Perintah langsung dari Panglima TNI agar untuk sementara menghentikan sementara operasi hercules sampai selesai investigasi," kata Kapuspen TNI Mayjen TNI Fuad Basya dalam diskusi Polemik Sindo Trijaya di Warung Daun, Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (4/7/2015).

Dia membantah jika jatuhnya hercules karena alutsista Indonesia sama sekali tak memadai. "Dari sisi pemeliharaan dia sangat memenuhi syarat," jelsnya.

Menurutnya, hercules akan memasuki masa tua apabila telah terbang 38.000 jam, sementara hercules yang jatuh baru menempuh 28.000 jam. Ketika berangkat pun lanjut Fuad, seluruh komponen pesawat dicek. Ketika semua siap, pesawat baru diperbolehkan terbang.

"Kemungkinan pesawat siap terbang, di udara mesin rusak sebelah kanan, dia minta balik, langsung belok kanan, kena antena Joy FM, ini radiusnya dekat, padahal antena ini seharusnya radius 5 km. Kita tidak bisa bilang jatuhnya hercules karena (adanya antena), ini sudah terjadi," papar Fuad.

Dia pun menegaskan, pesawat tak akan berangkat bahkan bila komponen terkecil, misalnya lampu mengalami kerusakan. "Semua alutsista semuanya dicek," pungkasnya.

Menurut Fuad, perawatan pesawat juga sangat optimal. Apalagi kata Fuad, Indonesia memiliki empat tingkatkan pesawat, yakni pesawat baru, rusak ringan, rusak sedang dan rusak berat.

"Kita menghitung, 50 jam terbang, rusak tidak rusak, dia harus masuk pemeliharaan squadron. Tiga tahun dia harus masuk squadron teknik," jelasnya.

"Apabila masuk lima tahun, 3.600 jam terbang, dia harus masuk depo pemeliharaan di Bandung. Ini cukup lama pembedahannya, dibedah semua, setelah keluar dari depo, pesawat jadi 'bujang' kembali. Siap pakai," tandas Fuad.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6941 seconds (0.1#10.140)